Kompas TV advertorial

Kementerian Perhubungan Kembali Raih Penghargaan Terbaik Pertama Anugerah Layanan Investasi 2023

Kompas.tv - 9 November 2023, 13:45 WIB
kementerian-perhubungan-kembali-raih-penghargaan-terbaik-pertama-anugerah-layanan-investasi-2023
Kementerian Perhubungan meraih penghargaan Terbaik Pertama di Kategori Kementerian/Lembaga pada Anugerah Layanan Investasi Tahun 2023 dari Kementerian Investasi/BKPM. (Sumber: Dok. BKIP Kemenhub)
Penulis : Adv Team

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan meraih penghargaan Terbaik Pertama di Kategori Kementerian/Lembaga pada Anugerah Layanan Investasi Tahun 2023 dari Kementerian Investasi/BKPM.

Prestasi ini adalah kali kedua, setelah 2022 lalu Kemenhub juga berhasil meraih penghargaan terbaik pertama.

Penghargaan ini merupakan hasil penilaian terhadap kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah, terhadap kinerja layanan investasi serta upaya percepatan pelaksanaan berusaha bagi pelaku usaha nasional maupun asing untuk berinvestasi di Indonesia.

Baca Juga: Antusiasme Warga Buru Tiket Murah di Gelaran Pameran Hub Space Kemenhub

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima penghargaan tersebut, yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Rabu (8/11).

Dalam arahannya, Wapres mengatakan bahwa dinamika global masih menghadirkan sejumlah tantangan bagi perekonomian Indonesia.

Beberapa diantaranya adalah tingkat inflasi yang masih tinggi, suku bunga, perang, dan fragmentasi geo-ekonomi yang menuntut adanya strategi antisipatif ke depan. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima penghargaan tersebut, yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Sumber: Dok. BKIP Kemenhub)

“Di tengah kondisi ini, perekonomian Indonesia terjaga dan tetap bertumbuh, salah satunya didukung oleh investasi. Investasi sangat vital untuk menopang pembangunan berkelanjutan, memberikan nilai tambah bagi sumber daya alam, meningkatkan daya saing bangsa, dan menciptakan keadilan ekonomi dan sosial," ujar Wapres.

Oleh karena itu, Wapres mengharapkan, Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dapat melakukan 4 (empat) aksi utama dalam meningkatkan iklim investasi yang positif di Indonesia. 

Pertama adalah dengan meningkatkan realisasi investasi dengan cara memperbaiki iklim investasi dan tata kelola. Kedua, investasi tak hanya menguntungkan dari sisi ekonomi, tetapi juga dari sisi sosial, kebudayaan dan lingkungan sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat dari investasi itu sendiri.

Ketiga, agar peluang dan potensi besar investasi pada sektor halal dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, bahkan ditingkatkan. Terakhir adalah dengan menggali terus sektor potensial lainnya di masing-masing daerah agar membawa efek berganda bagi perekonomian daerah sehingga mewujudkan pemerataan ekonomi di seluruh tanah air.

Baca Juga: Rayakan Harhubnas, Harian Kompas dan Kemenhub Gelar RUNHUB dengan Total Hadiah Rp178 Juta

Usai menerima penghargaan, Menhub menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak, yakni Presiden dan Wapres yang telah memberikan arahan dan dorongan, serta kepada Menteri Investasi BKPM yang konsisten dalam upaya mendorong kemudahan berinvestasi di Indonesia. Menhub juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung kemajuan investasi Indonesia.

"Ini kedua kalinya kami meraih terbaik pertama dan merupakan pencapaian yang berarti bagi Kementerian Perhubungan. Kami senantiasa berusaha yang terbaik dalam pelayanan dan investasi demi kemajuan Indonesia. Perizinan di Kementerian Perhubungan sudah lebih cepat dan tata kelola juga sudah lebih baik, sehingga dapat memberi kepastian bagi para pelaku usaha yang ingin berinvestasi di sektor transportasi," ujar Menhub.

Turut menghadiri acara ini Inspektur Jenderal Arif Toha Tjahjagama dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi. (RYS/RDL/SR/BRD)

#MenghubungkanIndonesia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x