Kompas TV advertorial
advertorial

BNPT Tegaskan Komitmen Kolaborasi untuk Optimalisasi SDM Mitra Deradikalisasi

Kompas.tv - 7 Oktober 2024, 13:00 WIB
bnpt-tegaskan-komitmen-kolaborasi-untuk-optimalisasi-sdm-mitra-deradikalisasi
Pada Minggu (06/10), BNPT menggelar Silaturahmi Kebangsaan bersama Mitra Deradikalisasi se-Solo Raya, dihadiri oleh Kepala BNPT, Komjen Pol. Eddy Hartono, S.I.K., M.H. (tengah). (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pada Minggu (06/10) dilaksanakan “Silaturahmi Kebangsaan BNPT bersama Mitra Deradikalisasi se-Solo Raya” yang dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Eddy Hartono, S.I.K., M.H.

Dalam sambutannya, Eddy mengatakan, BNPT akan terus mendampingi sekaligus mengedukasi dalam upaya meningkatkan kualitas SDM Mitra Deradikalisasi.

Hal tersebut bertujuan membantu mereka agar lebih siap kembali ke tengah masyarakat lewat pembekalan sejumlah keahlian dan kompetensi sesuai minat dan bakat.

Baca Juga: Harapan Kepala BNPT untuk HUT ke-79 TNI: Sinergi Lebih Kuat, Jaga Keutuhan Bangsa

Demi mewujudkan keberhasilan program tersebut, BNPT menggandeng sejumlah kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan pendampingan. Kolaborasi dilakukan antara lain didukung Densus 88 AT Polri, pemerintah daerah, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Kami akan terus melakukan pendampingan, melakukan edukasi, penetrasi dan harus sabar, karena ini adalah proses yang penting, BNPT tetap hadir untuk mitra deradikalisasi," ujarnya.

Jenderal polisi bintang tiga tersebut memaparkan, melalui program ini BNPT akan terus melakukan pendampingan kepada mitra deradikalisasi sehingga kedepannya dapat menjalankan kegiatan-kegiatan positif.

"Diharapkan para mitra derad ini bisa melanjutkan dengan hal-hal yang positif seperti kegiatan kewirausahaan dan juga mengajar baik di sekolah dasar maupun PAUD," jelasnya.

Dirinya menambahkan, pemerintah akan terus berupaya memfasilitasi kebutuhan mitra deradikalisasi agar kedepannya mereka akan semakin mandiri sehingga jauh dari kemungkinan kembali terpapar paham intoleran radikal terorisme.

"Ke depan mereka lebih mandiri sehingga pemerintah memfasilitasi supaya mereka melakukan usaha-usaha kewirausahaannya itu kedepan lebih berhasil dan mandiri" tutup Kepala BNPT ke-7.

Ketua Yayasan Gema Salam Ustaz Muhammad Jamaluddin mengatakan, kegiatan silaturahmi ini sesuai program yang dijalankan untuk menyatukan mitra deradikalisasi dan masyarakat. (Sumber: Dok. BNPT)

Senada dengan Kepala BNPT, Ketua Yayasan Gema Salam Ustaz Muhammad Jamaluddin mengatakan, kegiatan silaturahmi ini sesuai program yang dijalankan untuk menyatukan mitra deradikalisasi dan masyarakat.

"Acara ini luar biasa. Apa yang disampaikan oleh Beliau dari BNPT tadi mengadakan pendampingan dan itu sesuai dengan program kami. Jadi, program kami itu untuk menyatukan Mitra Derad dengan seluruh unsur pemerintahan. Jadi, yang tadinya itu mereka dilayani secara langsung sekarang ini kita ingin satukan dengan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: BNPT dan Kemhan RI Bersinergi Memupuk Semangat Patriotisme di Kalangan Generasi Muda

Ustaz Muhammad Jamaluddin menambahkan, mitra Deradikalisasi Solo Raya telah berkomunikasi dengan pendamping wilayah.

Selain BNPT, para mitra juga berkomunikasi dengan Kodim, Polres maupun stakeholder terkait dan berjalan sesuai yang direncanakan pihak yayasan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x