> >

[FULL] Seperti Inilah Suasana Dapur KRI Bima Suci | BIMA SUCI

The journey of bima suci | 16 Januari 2023, 20:10 WIB

“Tanpa Logistik Pertempuran tidak dapat dimenangkan.” Itulah semboyan dari matra TNI Angkatan Laut yang menjadi aspek penting dalam sebuah pertempuran. Pada pelayaran satgas Kartika Jala Krida tahun 2022, seluruh aktivitas logistik baik perbekalan sampai dapur diatur oleh departemen logistik. Departemen logistik tidak hanya menyiapkan bahan baku dan makanan tapi juga  berlaku sebagai tempat latihan praktek khususnya taruna korps suplai. Kejujuran dan ketelitian wajib diterapkan  karena  ketika lulus mereka dapat bertanggung jawab dengan kebutuhan logistik kapal. 

 

Jurnalis kompas TV berkesempatan mengunjungi dua dari empat gudang penyimpanan logistik bahan pangan pelayaran 91 Hari Bima Suci. Kepala Departemen Logistik KRI Bima Suci juga memberi tips dan trik menyimpan buah dan sayur agar awet selama di perjalanan. Selain mengetahui bahan-bahan apa saja yang tersimpan selama pelayaran, Dapur KRI Bima Suci juga turut menopang ketersediaan konsumsi di atas kapal. Berbagai olahan menu masakan nusantara disajikan dengan rasa yang tak kalah lezatnya dengan restoran. 

 

Latihan praktik lainnya yang dilakukan selama pelayaran adalah latihan peran kebakaran. Latihan dilakuan dengan simulasi seorang awak pingsan di dalam ruangan akibat kehabisan nafas, kemudian petugas langsung bergegas menyelematakan dan mematikan api. Meski bukan kejadian sesungguhnya, latihan peran bertujuan untuk mencegah terjadinya potensi kebakaran di atas kapal dan melatih kerjasama antar taruna. Lepas dari kota Kinabalu, 8 Agustus 2022 KRI Bima Suci kembali melanjutkan perjalananya ke kota Tual, Maluku dengan petualangan dan pengalaman yang lebih berkesan dan seru.

 

#91HariBimaSuci #KartikaJalaKrida #TarunaAL #AkademiAL #DokumenterKompasTV #JalasvevaJayamahe

Penulis : Agung-Pribadi

Sumber : Kompas TV


TERBARU