> >

Bantaran Sungai Lereng Argopuro Disulap Jadi Wisata Alam

Wisata | 24 Oktober 2022, 21:00 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Warga di lereng gunung argopuro Kabupaten Jember Jawa Timur menyulap alirang sungai menjadi wisata alam. Di tempat itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah, sambil makan buah durian hasil hutan.

Wisata alam itu berada di Desa Pakis Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Tempatnya asri dan alami. Berada di tengah pepohonan hutan, lereng gunung argopuro.

Terdapat sungai yang berhulu di gunung argopuro. Di sepanjang bantaran sungai, berdiri tenda untuk pengunjung berteduh sambil menikmati buah durian dan kuliner lainnya. Pengunjung juga bisa bermain air di sungai yang dangkal dan tak berarus deras.

Dulu tempat itu kawasan kumuh. Menjadi tempat pembuangan sampah, namun kini disulap menjadi wisata alam yang mampu menggerakkan ekonomi warga. Ide itu muncul dari sekelompok warga yang tergabung dalam lembaga masyarakat desa hutan rengganis.

Baca Juga: Durian Mentega Lereng Semeru

Wisata alam yang dikenal dengan kampung durian itu pas buat liburan bersama keluarga dan cocok untuk menghilangkan penat setelah bekerja. 

Wisata alam kampung durian berjarak 12 kilometer dari pusat Kota Jember. Wisata alam itu murah meriah, karena pengunjung tidak dikenai tiket masuk.

 

#wisataalam #kampungdurian #lerengargopuro #jember

Penulis : KompasTV-Jember

Sumber : Kompas TV


TERBARU