> >

Fenomena Bulan Purnama, Banjir Rob DKI Jakarta Berpotensi Terjadi hingga 8 Juni 2023

Jabodetabek | 2 Juni 2023, 07:08 WIB
Truk melewati areal banjir rob akibat kenaikan air laut di pesisir Jakarta pada Selasa (7/12/2021). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga pesisir ibu kota untuk berhati-hati terhadap potensi banjir rob antara 1 dan 8 Juni 2023. (Sumber: Kompas. TV/Ant/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga pesisir ibu kota untuk berhati-hati terhadap potensi banjir rob antara 1 dan 8 Juni 2023.

Fenomena ini diperkirakan terjadi karena adanya peningkatan ketinggian pasang air laut yang dipicu oleh bulan purnama atau full moon pada 3 Juni dan fenomena perigee, jarak terdekat antara bumi dan bulan, pada 6 Juni 2023.

"Berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) pada pukul 19.00-01.00 WIB," ungkap BPBD DKI Jakarta dikutip dari akun BPBD DKI Jakarta di Instagram.

Baca Juga: 14 Desa Terendam Banjir, 1 Orang Meninggal

Berdasarkan pemetaan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada sembilan wilayah di ibu kota yang berpotensi terdampak banjir rob.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BPBD DKI Jakarta (@bpbddkijakarta)

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id


TERBARU