> >

1 Tahun Agresi Israel dan Aksi Bela Palestina di Indonesia

Vod | 7 Oktober 2024, 12:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, 7 Oktober 2024, tepat 1 tahun serangan Israel ke Palestina, yang bahkan melebar ke negara sekitar.

Total jumlah korban akibat serangan Israel lebih dari 41.000 jiwa. Hal ini membuktikan bahwa perang yang terjadi merupakan masalah kemanusiaan.

Massa dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina melakukan aksi demo di Kedutaan Besar Amerika Serikat pada Minggu (6/10/2024) pagi.

Aksi ini merupakan unjuk rasa pada momentum setahun genosida di Gaza, Palestina.

Aksi bela Palestina ini digelar untuk memperingati 1 tahun genosida Israel di Palestina, sekaligus memperingati 76 tahun konflik Israel dengan Palestina.

Massa juga mengajukan tujuh tuntutan dalam aksi tersebut, salah satunya adalah menuntut pemerintah Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Pesan ini juga ditujukan kepada presiden terpilih, Prabowo Subianto, di masa pemerintahannya yang baru.

Situasi di Palestina menjadi salah satu perhatian politik luar negeri Indonesia dalam hampir 10 tahun terakhir.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, menyampaikan bahwa Indonesia memegang teguh keyakinan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, termasuk Palestina.

Bagaimana kita menyikapi serangan Israel ke Palestina ini?

Kami akan membahasnya dengan sejumlah narasumber yang sudah hadir di studio, yaitu Bapak Ahmad Himawan, Direktur Eksekutif Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI), dan di Zoom ada Bapak Profesor Sudarnoto Abdul Hakim, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional.

Baca Juga: Peringati 7 Oktober, Massa Pro-Palestina dan Pro-Israel Berunjuk Rasa di Seluruh Dunia

#israel #palestina #gaza #genosida

Penulis : Shinta-Milenia

Sumber : Kompas TV


TERBARU