Kompas TV nasional politik

Politikus NasDem Irma Suryani Buka Wacana Gubernur Dipilih Langsung Pemerintah Pusat, Setuju?

Kompas.tv - 22 Oktober 2020, 16:55 WIB
politikus-nasdem-irma-suryani-buka-wacana-gubernur-dipilih-langsung-pemerintah-pusat-setuju
Irma Suryani Chaniago, Politikus Partai Nasdem yang ditunjuk Menteri BUMN menjadi Komisaris Independen Pelindo I (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Irma Suryani Chaniago, politikus Partai NasDem membuka wacana mengenai gubernur seharusnya dipilih langsung oleh pemerintah pusat.

Menurutnya, hal tersebut dirasa perlu karena selama ini, terutama di saat masa pandemi Covid-19, banyak gubernur tak benar-benar menjalankan kebijakan yang ditetapkan pemerintah pusat dalam menangani virus corona.

Demikian pendapat Irma itu terlontar dalam acara Mata Najwa yang dipandu Najwa Shihab dan tayang pada Rabu (22/10/2020).

Baca Juga: Dari Ganjar Pranowo Hingga Anies Baswedan, Ini Respons Para Gubernur terhadap UU Cipta Kerja

Sebelum melontarkan pernyataan tersebut, Najwa Shihab awalnya bertanya soal tanggapan Ekonom Indef, Enny Sri Hartati terkait kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi virus corona.

Menjawab pertanyaan Najwa Shihab, Enny mengatakan, kebijakan pemerintah dalam merespons pandemi Covid-19 sudah cukup cepat.

Itu terlihat dari sejumlah program yang cepat diputuskan oleh pemerintah salah satunya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), bahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang dijadikan undang-undang.

"Secara respons kebijakan mungkin cukup cepat," kata Enny.

Baca Juga: Luhut Ingatkan Terawan Soal Lonjakan Covid-19 di 4 Provinsi

Namun demikian, Enny menambahkan, respons yang cepat itu ternyata bermasalah di level eksekusi.

Menurutnya, banyak kebijakan ekonomi di daerah dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi hampir semua kebijakan ekonomi, eksekusinya tidak ada yang mengikuti arahan presiden yang harus extraordinary," ujar Enny.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.