Kompas TV internasional kompas dunia

Rencana Kerja Hari Pertama Joe Biden Jabat Presiden AS

Kompas.tv - 9 November 2020, 06:05 WIB
rencana-kerja-hari-pertama-joe-biden-jabat-presiden-as
Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden. Rencana Kerja Hari Pertama Joe Biden Jabat Presiden AS. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Joe Biden dipastikan terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) menggantikan Donald Trump setelah memenangi 290 suara elektoral.

Dia tampaknya memiliki banyak rencana di hari pertamanya sebagai Presiden AS. Beberapa diantaranya bisa rampung dalam satu hari, meskipun Partai Demokrat sejauh ini gagal menguasai senat. 

Mengutip Kontan.co.id, Biden telah berjanji untuk bergabung kembali dengan perjanjian iklim Paris, mencadangkan kebijakan kesehatan publik dan lingkungan yang dibatalkan Donald Trump sebelumnya, dan memanggil sekutunya di seluruh dunia untuk menyakinkan mereka di hari pertamanya di Gedung Putih.

Baca Juga: Jeo Biden Presiden Tertua, Theodere Roosevelt Termuda dalam Sejarah AS

Selain itu, ia akan memberlakukan strategi nasional untuk mengatasi pandemi Covid-19, kembali bergabung dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mencabut kembali larangan imigrasi dari beberapa negara mayoritas muslim, dan memperluas hak bagi pencari suaka dari Amerika Latin.

Biden juga menjanjikan akan mengambil tindakan cepat pada perumahan, tenaga kerja, pengendalian senjata, hak LGBT, dan reformasi pemerintah.

Meskipun beberapa dari rencana itu bakal bisa selesai di hari pertama ia bekerja, namun beberapa yang lainnya akan bakal mengalami kendala dari proses regulatory sehingga penyelesaiannya bisa tertunda selama berbulan-bulan. 

Beberap poin tentu membutuhkan persetujuan kongres sehingga tidak akan bisa selesai dalam satu hari. Bahkan bisa semakin sulit diselesaikan jika Partai Republik kembali mempertahankan kendalinya atas senat atau parlemen AS.

Kendali di Senat akan bergantung pada dua pemilihan putaran kedua di Georgia pada Januari tahun depan.

"Pengumuman dan perintah eksekutif yang tidak memerlukan persetujuan kongres telah mengirimkan pesan positif kepada para pemimpin asing dan pegawai pemerintah. Pasalnya, itu bisa mudah diputuskan pada hari pertama," kata Bill Carrick, Konsultan dan Penasihat Lama Demokrat kepada Senator California Dianne Feinstein seperti dikutip Bloomberg via Kontan.co.id, Minggu (8/11).

Namun, hal terbesar yang bisa dilakukan Biden, menurut Carrick, adalah segera mengubah nada di pemerintahan AS. Tidak akan terjadi badai di Twitter atau ide-ide aneh, tetapi Biden akan sangat fokus pada hal-hal praktis. 

Baca Juga: Gagal Kembali Jadi Presiden AS, Donald Trump Menolak Mengaku Kalah

Kemenangan Biden merupakan hasil yang akan memenuhi beberapa skenarioan terbaik di Wall Street.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x