Kompas TV di balik layar cerita dari lapangan

Pahlawan Wanita Indonesia

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 20:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbicara perempuan dalam angka, tentu tak lepas dari siapa menjadi yang pertama atau pioner. Sebagai wujud tonggak emansipasi. Berikut tiga wanita pertama di Indonesia yang menjabat sebagai menteri, polwan, dan wara angkatan pertama.

Maria Ullfa adalah perempuan pertama  yang duduk mengemban jabatan sebagai menteri di republik ini. Capaian wanita kelahiran  Serang, Banten,  18 agustus 1911 menjadi menteri  sosial di usia 34 tahun.

Keberanian Maria Ullfa menyuarakan peran perempuan melahirkan sejumlah  kebijakan salah satunya adalah peringatan  hari ibu.

Satu dari enam pelopor polisi wanita pertama Indonesia adalah Kolonel Polisi Purnawirawan Rosmalina Pramono.

Wanita TNI Angkatan Udara Wara, pada awal pembentukannya pada 12 agustus 1963 menjadi realisasi emansipasi wanita. Menariknya Indonesia masih memiliki saksi hidup. Sejarah yang menjadi saksi terbentuknya wara.

Adalah seorang Letnan Dua Herdini, ia menjadi satu dari 30 wanita yang patut berbangga, karena berhasil menyandang sebutan Wara angkatan pertama.

Tak disangka hanya ada dua wanita yang berhasil lulus dan meraih tanda wing penerbang kelas III, yaitu Herdini dan seorang wara bernama Letnan Dua Lulu Lugiarti.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.