Kompas TV regional berita daerah

"Gerobak Pintar", Inovasi Personel TNI untuk Bantu Anak di Pedalaman Landak Belajar saat Pandemi

Kompas.tv - 23 Maret 2021, 10:19 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

LANDAK, KOMPAS.TV - Setahun sudah pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai sektor kehidupan masyarakat, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Sekolah yang seharusnya digelar dengan tatap muka, urung dilakukan karena pandemi Covid-19. Tak hanya di perkotaan, kondisi ini juga terjadi hingga pelosok tanah air, salah satunya di Desa Tolok, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. 

Ruang kelas yang seharusnya berisi meja dan kursi belajar yang berjejer rapi ini tampak lengang, dengan kursi ditumpuk di sudut kelas. Papan tulis yang seharusnya berada di dinding kelas, kini hanya tergeletak tanpa alas, sebab proses belajar masih lebih banyak dilakukan dari rumah masing-masing.

Desa Tolok belum teraliri listrik dan sinyal telekomunikasi. Proses belajar mengajar di wilayah ini, dilakukan secara luring. Setiap sepekan dua kali sekolah tatap muka dilakukan dengan waktu singkat, sisanya dilakukan dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Banyak anak lain di desa ini tidak banyak bisa mendapat pendampingan. Jika siang hari, sebagian besar orang tua harus bekerja di sawah atau kebun, sementara pada malam hari, penerangan berupa listrik tidak tersedia di desa ini. 

Melihat keterbatasan yang dialami anak-anak di Desa Tolok, personel TNI berinisiatif memberikan tambahan belajar bagi anak-anak.

Dua unit sepeda motor dinas disulap dengan ditambahkan gerobak buku, yang dinamai “Gerobak Pintar”.

Para personel Bhabinkamtibmas ini kemudian mendatangi anak-anak yang berada di setiap dusun di Desa Tolok. Proses belajar di “Gerobak Pintar” ini juga dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Langkah ini merupakan bagian dari pembangunan program non-fisik dalam progam TNI Manunggal Membangun Desa yang digelar oleh Kodim 1201 Mempawah.

Program yang dilaksanakan selama satu bulan sejak 1 hingga 31 maret ini direncanakan akan terus dilakukan, dan akan diterapkan di wilayah-wilayah terpencil Kabupaten Landak dan Kabupaten Mempawah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.