Kompas TV nasional breaking news

Demo Buruh Hari Ini Juga Disiarkan Secara Virtual via Facebook KSPI

Kompas.tv - 12 April 2021, 10:18 WIB
demo-buruh-hari-ini-juga-disiarkan-secara-virtual-via-facebook-kspi
Demo buruh tolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Demo buruh hari ini, Senin (12/4/2021) digelar secara besar-besaran dan serentak di 20 provinsi di Indonesia. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengklaim bahwa aksi ini melibatkan 10.000 buruh dari 1.000 perusahaan secara fisik dan virtual.

Selain turun ke jalan, aksi virtual akan disiarkan langsung melalui akun Facebook KSPI, sehingga buruh yang tidak ikut turun ke lapangan dapat mengikuti aksi secara virtual. Tercatat pada pukul 10.08 WIB ada 434 orang yang sudah menyaksikan demo secara virtual di Facebook.

Dijelaskan oleh Presiden KSPI, Said Iqbal, aksi dilakukan secara fisik dengan turun ke lapangan berpusat di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk yang di wilayah Jakarta.

Baca Juga: Said Iqbal Jamin Demo Buruh 12 April 2021 akan Patuh Protokol Covid-19 dan Aparat Keamanan

Sementara di daerah lain, akan berpusat di kantor-kantor gubernur, bupati, atau walikota. Bahkan, sejumlah buruh akan langsung melakukan aksi di lingkungan pabrik masing-masing.

"Nanti akan ada 50 orang perwakilan yang ke Mahkamah Konstitusi, karena harus protokol kesehatan dan kami akan rapid antigen. Kemudian di daerah nanti perwakilan akan ke kantor-kantor gubernur atau bupati," jelas Iqbal dalam konferensi pers virtual, Minggu (11/4/2021).

Berikut 4 hal yang menjadi tuntutan buruh dalam aksi ini:

Pertama, meminta MK membatalkan omnibus law Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, khususnya klaster ketenagakerjaan.

Kedua, pemberlakuan upah minimum sektoral kabupaten/kota di 2021.

Ketiga, meminta pemerintah menetapkan pengusaha untuk membayar tunjangan hari raya (THR) 2021 secara penuh.

Keempat, meminta pemerintah mengusut tuntas dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan.

Demo ini akan diikuti oleh buruh yang berasal dari berbagai sektor industri, meliputi, logistik, tekstil, garmen, sepatu, makanan-minuman, percetakan, penerbitan, pariwisata, farmasi, kesehatan, kimia, energi, semen, elektronik, otomotif, hingga pekerja honorer.

Titik aksi selain di Jakarta akan tersebar, di beberapa kota/kabupaten, yakni, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, Sulawesi Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Aceh, Yogyakarta, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Gorontalo, Kalimantan Tengah.

Baca Juga: 10.000 Buruh Gelar Demo Hari Ini, Minta THR Dibayar Penuh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x