Kompas TV nasional sosial

Cerita Satpam Mulai Kenakan Seragam Baru, Sering Dikira Polisi hingga Warga Merasa Takut

Kompas.tv - 15 April 2021, 10:44 WIB
cerita-satpam-mulai-kenakan-seragam-baru-sering-dikira-polisi-hingga-warga-merasa-takut
Salah satu satpam di sebuah mall di akwasan Jakarta Barat mengenakan seragam baru berwarna coklat seperti seragam polisi, Kamis (14/4/2021) (Sumber: KOMPAS.COM/ IRA GITA)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seragam baru anggota satuan pengamanan (Satpam) yang sekilas mirip dengan seragam polisi, sudah mulai dikenakan.

Salah seorang satpam di mal kawasan Jakarta Barat, Sanggam,  mengaku sudah dua bulan terakhir mengenakan seragam dengan atasan berwarna coklat muda dan bawahan berwarna coklat tua.

"Baru dua bulanan lah pake seragam baru. Dulu (seragam) warna biru," kata Sanggam, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Seragam Baru Satpam Berwarna Coklat Mirip Polisi, Apa Alasannya?

Selama menggunakan seragam baru tersebut, Sanggam bercerita, tak sedikit warga yang salah mengira dirinya adalah seorang polisi.

"Iya ada aja yang salah ngira polisi, tapi kan ada bacaannya satpam, ya pada heran," tutur Sanggam.

Meski demikian, Sanggam mengaku seragam baru itu tak lantas membuat dirinya merasa seperti seorang polisi.

Seorang satpam di komplek ruko di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, Rahman pun merasakan hal yang serupa.

Baca Juga: Mantan Satpam Mencuri Kabel Tembaga Untuk Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari

Rahman sendiri sudah satu bulan ini mengenakan seragam baru, dan selama itu sering pula dikira seorang polisi oleh warga sekitar bahkan tak jarang ada yang takut kepadanya.

"Kalau orang belum tahu ya saya sering dikira polisi. Tapi saya bilang bukan. Enakan (seragam) sebelumnya kalau ini dikira orang polisi, jadi pada takut," ucap Rahman.

Sementara itu salah satu warga Pademangan, Rohimin mengatakan sempat bertanya-tanya dengan adanya sosok berseragam cokelat di kawasan komplek tersebut.

Baca Juga: Kapolri Puji Aksi Satpam Katedral Cegah Pelaku Bom Bunuh Diri Masuk Gereja

"Iya saya sering lewat sini, pas lihat kok ada polisi jaga di depan, eh ternyata satpam. Awalnya kaget, saya kira ada apa kok ada polisi" kata Rohimin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x