Kompas TV video news vlog

Viral Kisah dr Corona Harus Selamatkan 1 Nyawa dari 3 Pasien Covid-19

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 14:07 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Viral di media sosial kisah seorang dokter saat berada dalam kondisi sulit di tengah penanganan pandemi Covid-19.

Dr Corona Rintawan, dokter RS Muhammadiyah Lamongan Jawa Timur menceritkan ketika dirinya harus memilih menyelamatkan satu dari tiga pasien Covid-19.

Tiga pasien tersebut berada dalam kondisi buruk dengan saturasi oksigen di bawah 90%, sementara fasilitas seperti tempat tidur, ventilator dan perawatan ICU hanya ada satu.

Ia pun harus memilih untuk memberikan bed perawatan kepada pasien dengan usia termuda. Hal ini setelah melalui berbagai pertimbangan.

"Dalam kondisi bencana seperti sekarang di mana fasilitas dan alat terbatas maka diberlakukan triase bencana, artinya menyelamatkan yang paling besar kemungkinan untuk selamat, bukan yang paling jelek kondisinya," tulis dr Corona Rintawan Sp.Em di akun Facebooknya.

Menurutnya seorang dokter yang bertugas di ruang emergency harus dapat mempertimbangkan dan memilih pasien dengan tepat, cepat dan tanpa ragu-ragu. Dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini banyak pasien yang datang dengan kondisi berat membuat para tenaga kesehatan harus berkerja dengan ekstra keras.

Ia berharap masyarakat juga bisa mengetahui kesulitan para tenaga kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, membantu para nakes dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 dan pasien tak membludak banyak datang ke rumah sakit.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.