Kompas TV nasional kesehatan

Bisa Dipakai Berulang, Ini Tips Pakai Masker KN95 ala Dokter Faheem Younus

Kompas.tv - 31 Juli 2021, 15:18 WIB
bisa-dipakai-berulang-ini-tips-pakai-masker-kn95-ala-dokter-faheem-younus
Ilustrasi pemakaian masker KN95 (Sumber: SHUTTERSTOCK/Boumen Japet via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selain mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, cara melindungi tubuh dari virus corona adalah dengan memakai masker dan vaksinasi.

Dalam kicauannya di Twitter, Dr Faheem Younus, MD, pakar penyakit menular asal Maryland School of Medicine Health, AS, membagikan pendapat soal masker terbaik yang harus dipakai di masa pandemi.

Jika memungkinkan dan sanggup membelinya, ia mengurutkan N95 sebagai yang terbaik, diikuti KN95, dan masker kesehatan biasa.

Dalam kicauan terpisah, ia juga mengatakan, masker N95 juga bisa digantikan dengan jenis KN95. Sementara itu, jenis masker seperti KN95 dan N95 tidak perlu dirangkap masker kain.

Baca Juga: Ini Alasan Twitter Dr Faheem Younus Aktif Edukasi Soal Covid-19 Pakai Bahasa Indonesia

Dokter Faheem juga menyadari bahwa harga masker KN95 yang tergolong lebih mahal bagi sebagian masyarakat.

Untuk menanggulanginya, ia membagikan tips agar masker KN95 bisa dipakai berulang kali dan bertahan hingga berbulan-bulan. Bagaimana caranya?

  • Beli dua masker KN95

Dokter Faheem menyarankan untuk membeli dua masker KN95 untuk setiap orang. Sesuaikan jumlahnya dengan anggota keluarga di rumah agar bisa memakainya masing-masing.

  • Sediakan kantong kertas untuk penyimpanan

Satu masker KN95 sebaiknya dipakai untuk satu hari saja. Untuk menghematnya, sediakan kantong kertas coklat untuk menyimpannya setiap kali selesai dipakai.

Selama satu masker disimpan, beralihlah memakai masker lainnya yang masih tersedia. Lakukan hal tersebut bergantian dan jaga agar masker tidak rusak agar bisa terus dipakai.

"Terus bergantian selama mereka pas dan digunakan oleh orang yang sama," ujar dokter Faheem.

  • Masker bisa bertahan berbulan-bulan

Menurut Dokter Faheem dengan cara ini dua masker KN95 yang kita miliki bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Tentunya ini dengan catatan masker tidak rusak, kotor, dan kondisinya masih terjaga baik.

Baca Juga: Tetap Anjurkan Vaksin Sinovac, Dokter Faheem Younus: Jika yang Tersedia Hanya Itu

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.