Kompas TV internasional kompas dunia

Intip Serunya WNI di Inggris dan Jepang Peringati Kemerdekaan RI: Gowes hingga Gelar Wayang Kulit

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 06:45 WIB
intip-serunya-wni-di-inggris-dan-jepang-peringati-kemerdekaan-ri-gowes-hingga-gelar-wayang-kulit
Warga Indonesia di Inggris dalam menyambut peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI mengadakan acara lomba bersepeda keliling kota London pada Minggu (15/8/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-KBRI London) 
Penulis : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV- Tak terasa negara Republik Indonesia (RI) sudah berusia 76 tahun sejak pertama kali menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Meraih kemerdekaan dengan bersusah payah maka banyak warga masyarakat yang memperingatinya setiap tahun, tak terkecuali mereka yang saat ini berada di luar negeri. 

Ya, para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri sangat antusias merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-76 di negeri orang. 

Seperti yang dilakukan para WNI di dua negara ini, Inggris dan Jepang. 

Berikut ini keseruannya:

Baca Juga: Google Doodle: Selamat Hari Kemerdekaan dan Tetap Kuat Bersama, Indonesia!

Gowes Keliling Kota London

Warga Indonesia di Inggris menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 dengan bersepeda keliling kota London, Minggu (15/8/2021) kemarin.

Tampak, menurut keterangan KBRI London, puluhan peserta lomba menghiasi sepeda mereka dengan nuansa merah putih dan beberapa dari mereka memakai baju adat Nusantara. 

"Sambil membudayakan hidup sehat dengan gowes, KBRI London adakan acara ini untuk mempromosikan keragaman Indonesia kepada publik di kota London," kata Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya yang turut mengayuh sepeda bersama warga Indonesia yang datang dari berbagai kota di Inggris, Minggu (15/8).

Baca Juga: Naskah Asli Teks Proklamasi Tulisan Tangan Soekarno Dihadirkan Selama Upacara Kemerdekaan Besok

Desra mengatakan bahwa rute bersepeda yang dipilih sengaja melalui tempat-tempat ikonik di London agar kehadiran warga Indonesia dirasakan oleh warga setempat.

Para peserta mulai bersepeda dari gedung KBRI London menuju ke Istana Buckingham dan Istana Kensington dengan titik akhir di Hyde Park, salah satu taman terbesar dan pusat rekreasi di London.

Rangkaian kegiatan peringatan dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan standar kehati-hatian pandemi Covid-19.

Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya ikut berpartisipasi dalam kegiatan gowes mengelilingi Kota London untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 RI, bersama WNI dari berbagai kota. (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-KBRI London)

"Warga Indonesia tetap dapat merasakan semangat mencintai tanah air dan rasa syukur. Yang terpenting warga turut serta mempromosikan keanekaragaman Indonesia kepada publik setempat," ujar Desra.

Salah satu peserta lomba bersepeda, Dyah Adi Sriwahyuni, mahasiswa S3 Queen Mary University of London, menyampaikan bahwa acara bersepeda kali ini terasa istimewa.

"Beberapa kali saya ikut acara bersepeda bareng Pak Desra dan diaspora. Namun, kali ini lebih istimewa karena saya mesti gowes sambil pakai baju adat untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76," sambung Dyah. 

Selain kegiatan lomba bersepeda, KBRI London juga melaksanakan kegiatan kemasyarakatan yang bersifat virtual, yaitu lomba menyanyi lagu nasional, pantun dan menulis surat cinta untuk Indonesia.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x