Kompas TV video cerita indonesia

Kelapa Muda Bakar Rempah, Minuman Khas untuk Menjaga Imun Tubuh

Jumat, 17 September 2021 | 23:01 WIB

Penulis : Herwanto

JEMBER, KOMPAS.TV - Sebuah kedai minuman di Kabupaten Jember Jawa Timur menyediakan minuman sehat, yakni kelapa muda bakar dengan campuran rempah. Selain memiliki aroma khas, minuman itu dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19.

Minuman berbahan rempah banyak diburu warga. Peluang itulah yang ditangkap Muhammad Ridwan, warga Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember untuk membuat inovasi minuman sehat, yakni kelapa muda bakar kaya rempah.

Kelapa muda bakar rempah terdengar tak lazim atau unik. Pasalnya kelapa muda biasanya disajikan dengan es dan gula. Namun di kedai milik Ridwan itu, kelapa muda dibakar dan dibumbui bahan rempah sebelum disajikan.

Sebelum dibakar, kelapa muda dikupas kulitnya hingga menyisakan sabut kelapa. Lalu dibakar selama 15 menit, lubangi dan isi dengan campuran bahan rempah-rempah.

Muhammad Ridwan mengaku ada 10 macam rempah yang digunakan, seperti serai, kapulaga, cengkeh, kayu manis, jahe, daun jeruk dan dan bubuk jinten hitam.

Perpaduan kelapa muda dan rempah-rempah menghasilkan rasa dan aroma khas. Warga yang meminumnya akan merasakan hangat di badan. Minuman itu juga dipercaya baik bagi kesehatan, karena mengandung antioksidan yang dapat menangkal penyakit.

Di masa pandemi Covid-19, minuman ini diburu banyak pembeli. Dalam sehari, 30 buah kelapa muda dapat terjual. Harganya pun terjangkau, yakni 15 ribu rupiah per biji.

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x