Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Usai Terima Keluhan Peternak Terkait Harga Telur Anjlok, Pemerintah Siapkan Skema Subsidi Pakan

Kamis, 16 September 2021 | 09:40 WIB
usai-terima-keluhan-peternak-terkait-harga-telur-anjlok-pemerintah-siapkan-skema-subsidi-pakan
Telur ayam ras (Sumber: Tribunnews.com)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Permasalahan anjloknya harga telur akhirnya mendapat tanggapan dari pemerintah.

Kementerian Pertanian bersama Kementerian Perdagangan sedang menyiapkan skema untuk membantu para peternak ayam petelur. Salah satu langkahnya adalah menekan harga pakan ternak ayam dengan subsidi harga jagung.

Melalui skema subsidi tersebut diperkirakan harga jagung yang merupakan salah satu komponen penting pakan ternak bisa ditekan harganya menjadi Rp 4.500 kg di tingkat peternak. Sementara untuk pasokannya mencapai 30.000 ton.

Langkah tersebut dilakukan di tiga sentra peternak ayam yakni, Blitar, Klaten dan Lampung.

"Ada program CHSP (Commonwealth Home Support Programme) yang akan kami berikan untuk komoditas jagung supaya harganya berada di batasan Kementerian Perdagangan yakni Rp 4.500 per kg," sebut Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi usai pertemuan dengan peternak di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Di Balik Tekad Bentang Poster, Suroto: Orang Indonesia yang Bisa Menolong Peternak Hanya Pak Jokowi

Kendati program untuk menurunkan harga jagung masih dalam kajian, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menargetkan dalam waktu dekat harga jagung di ketiga daerah tersebut dapat turun.

Syahrul juga menyampaikan tentang arahan Presiden Joko Widodo yang mendorong pendekatan sentra jagung dengan kegiatan peternakan ayam. Hal ini agar distribusi jagung ke para peternak menjadi tidak terlalu jauh.

Para peternak unggas pun menyambut dengan senang rencana penurunan harga pakan, terutama jagung. "Kami bersyukur Pak Jokowi menjanjikan harga jagung Rp 4.500 per kg dengan jumlah 30.000 ton" kata Ketua Pinsar Petelur Nasional Yudianto Yosgiarso usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (15/9).

Mereka mengapresiasi langkah tersebut, mengingat komponen pakan mempengaruhi Harga Pokok Produksi (HPP) hingga 3,5 kali lipat. Saat ini harga jagung di tingkat peternak sebesar Rp 5.800 hingga Rp 6.200 per kg.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19