Kompas TV kolom opini

Rabu Malam

Kompas.tv - 21 September 2021, 19:29 WIB
rabu-malam
Ilustrasi Politik (Sumber: Istimewa via triaskun.id)

Oleh Trias Kuncahyono, Jurnalis Harian Kompas

I
Setiap Rabu malam, kami bertemu. Sebenarnya, hari belum benar-benar malam setiap kali kami bertemu. Biasanya, kami mulai bertemu selepas maghrib dan baru berakhir sekitar pukul 22.00. Belum malam untuk ukuran waktu di kota metropolitan ini.

Selama beberapa waktu, kami sempat tidak bertemu karena pandemi Covid-19. Yah, dari pada bikin perkara, kami memilih tetap tinggal di rumah masing-masing dan berkomunikasi dengan menggunakan telepon. Kadang kami ber-video-call, atau ber-zooming kalau ingin membahas sesuatu.

Malam itu, seperti biasa kami bertemu. Sambil, minum—sejak pandemi kami membawa minuman sendiri-sendiri dari rumah: ada yang membawa wedang jahe, ada yang membawa empon-empon, ada yang kopi, ada yang seneng teh, ada juga air putih saja.

Meskipun, sebenarnya di tempat kami bertemu disediakan minuman— jajanan  dan sesekali nasi goreng atau bubur ayam.

Tidak ada agenda khusus setiap kali bertemu. Kami ngobrol. Ya, ngobrol saja,  bertukar cerita, bertukar pengalaman, bertukar kisah sehari-hari.

Yang diobrolkan beragam:  soal ekonomi, kondisi masyarakat karena covid, dan tentu politik yang biasanya sangat menarik, dengan tidak lupa beserta korupsinya.

Bicara politik, memang menarik. Kata David Runciman, profesor politik dari Cambridge University, Inggris yang membedakan satu negara dengan negara lain adalah politik. Runciman dalam bukunya Politics (2014), membandingkan antara Suriah dan Denmark.

Tujuh tahun lalu, Runciman menulis, “Jika Anda hidup di Suriah saat ini, Anda akan terjebak dalam semacam neraka: hidup menakutkan, kejam, tak terduga, miskin…..” Suriah berantakan digenggam dan dipeluk perang saudara lalu menjadi perang sektarian, perang yang melibatkan kekuatan asing—AS, Rusia, Turki, Arab Saudi, Iran, dan negara-negara Arab lainnya. Hasilnya? Negara itu hancur. Rakyatnya menderita. Jutaan orang mengungsi, ke berbagai negara, utamanya Eropa. Mungkin, kisah yang mirip dialamai Afganistan.

Tentang Denmark Runciman menulis antara lain, “Jika Anda cukup beruntung untuk tinggal di Denmark, Anda berada dalam apa yang menurut standar sejarah adalah versi surga: hidup nyaman, makmur, terlindungi dan beradab, dan itu langgeng.

Dunia iri pada Denmark dengan restorannya yang fantastis, program televisinya yang berkelas, budaya desainnya yang elegan, ketentuan jaminan sosialnya begitu baik, gaya hidup ramah lingkungan. Orang Denmark secara teratur melaporkan bahwa mereka lebih bahagia daripada siapa pun….”

II
Semua itu karena politik. Sebab, demikian tujuan mulianya kerja politik yakni untuk bonum commune, kemaslahatan bersama, kesejahteraan bersama. Itu berarti kerja politik seharusnya bermartabat.



Sumber : Kompas TV/triaskun.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x