Kompas TV video cerita indonesia

Bank Sampah Kreatif! Tukar Sampah Non Organik Jadi Sembako

Kompas.tv - 23 September 2021, 23:06 WIB
Penulis : Herwanto

JEMBER, KOMPAS.TV - Sekelompok ibu rumah tangga di Jember, Jawa Timur, mendirikan bank sampah untuk melayani penukaran sampah plastik, kertas dan beragam sampah lainnya untuk ditukar dengan sembako. Upaya ini selain menumbuhkan rasa peduli menjaga kebersihan lingkungan, juga membantu perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19.

Bank sampah Larakan Makmur yang didirikan kelompok ibu rumah tangga di Desa Cuci, Kecamatan Panti, Jember, Jawa Timur, ini menerima berbagai jenis sampah khususnya sampah tidak terurai atau non organik.

Beragam sampah dari limbah rumah tangga, yang kerap ditukar oleh warga antara lain bekas bungkus makanan ringan, botol dan gelas mineral, serta plastik.

Sampah tersebut ditukar dengan beragam kebutuhan sembako, seperti beras, gula pasir, mie instan, minyak goreng, dan kebutuhan dapur lalinnya.

Penukaran sampah dengan sembako nantinya diatur sesuai dengan harga yang telah disepekati bersama antara pihak bank sampah dan penukar sampah.

Selain dapat menumbuhkan kepedulian menjaga kebersihan lingkungan dari sampah, program ini juga dapat membantu ibu rumah tangga dalam menekan pengeluaran uang belanja.

Bank sampah ini dirasakan sangat membantu dalam perekomian warga terutama di masa pandemi covid 19.

Limbah sampah rumah tangga yang terkumpul, nantinya akan di olah kembali menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis, seperti pot bunga, tempat sampah plastik dan beragam lainnya. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x