Kompas TV nasional politik

Cerita Megawati Soal Salam Merdeka dan Salam Pancasila hingga Penghargaan untuk Atlet Paralimpiade

Kompas.tv - 24 September 2021, 18:32 WIB
cerita-megawati-soal-salam-merdeka-dan-salam-pancasila-hingga-penghargaan-untuk-atlet-paralimpiade
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberi sambutan di acara penyampaian penghargaan atlet Paralimpiade Indonesia, Tokyo 2020, Jumat (24/9/2021). (Sumber: YouTube PDI Perjuangan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku pernah mendapat ejekan karena selalu memekikkan Salam Merdeka.

Presiden RI ke-5 ini menjelaskan saat dirinya pertama kali memimpin PDIP, ia selalu meneriakkan Salam Merdeka.

Hal itu menjadi ejekan karena salam tersebut dinilai kuno lantaran Indonesia sudah lama merdeka. 

"Karena bilangnya sudah merdeka kok teriak-teriak merdeka. Tapi saya bilang saya bangga karena untuk mengingatkan seluruh bangsa Indonesia. Kalau tidak ada kemerdekaan, belum tentu kita akan mengecap kemerdekaan seperti sekarang ini," ujar Megawati saat acara Penyampaian Penghargaan Atlet Paralimpiade Indonesia, Tokyo 2020 melalui kanal YouTube PDI Perjuangan, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Janji Negara Pada Atlet Paralimpiade - ROSI

Lebih lanjut, Megawati menyatakan selain Salam Merdeka, saat ini dirinya mengampanyekan Salam Pancasila sebelum membuka sambutan.

Tujuannya sama seperti Salam Merdeka, untuk mengingatkan masyarakat bahwa  Pancasila adalah dasar bangunan dan idiologi bangsa.

Selain itu, karena dirinya ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Saya ingin menggelorakan ada sebuah salam namanya Salam Pancasila, dengan demikian kita bisa bergotong royong hidup rukun di dalam negeri yang bernama NKRI," ujar Megawati.

Baca Juga: Leani Ratri Oktila, Ratu Para-Badminton yang Terima Bonus Rp13,5 M Paralimpiade, Jadi Miliarder Baru

Lebih lanjut Megawati menilai salam Merdeka dan Salam Pancaila ada dalam diri altet Indonesia yang berjuang di Paralimpiade Tokyo 2020.

Menurut Megawati, meski para atlet memiliki keterbatasan, namun mereka bisa mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional.

"Kita bisa lihat prestasi itu di dalam para atlet yang berjuang untuk kemenangan Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Terima kasih banyak dengan membuat kebanggaan Indonesia dan terus berjuang. Jangan ada putus asa, percaya diri," ujar Megawati.

Baca Juga: Hersubeno Arief Sebut Megawati Koma, PDIP: Ini Pernyataan Menyesatkan

Adapun para atlet Paralimpiade yang hadir dalam acara penyampaian penghargaan ini di antaranya Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah.

Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah adalah pasangan ganda putri peraih emas Paralimpiade Tokyo 2020 dari cabang badminton kelas SL3–SU5 dan Fredy Setiawan meraih medali perunggu dalam cabang olahraga badminton nomor tunggal putra SL4.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x