Kompas TV internasional kompas dunia

Kolombia Sita Hampir 3.500 Sirip Hiu yang akan Diselundupkan ke Hong Kong

Kompas.tv - 25 September 2021, 15:48 WIB
kolombia-sita-hampir-3-500-sirip-hiu-yang-akan-diselundupkan-ke-hong-kong
Hampir 3.500 sirip hiu ilegal disita di Kolombia sebelum diselundupkan ke Hong Kong (Sumber: Seyllou/France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BOGOTA, KOMPAS.TV - Hampir 3.500 sirip hiu kering disita oleh otoritas Kolombia sebelum dikirim secara ilegal ke Hong Kong, kata para pejabat Kolombia seperti dilansir France24, Sabtu (25/09/2021).

Bogota "menyita 3.493 sirip hiu dan 117 kilogram kandung kemih ikan yang sedang dalam perjalanan ke Hong Kong," kata Kepala Kementerian Lingkungan Carolina Urrutia.

Hasil tangkapan itu mengungkap masih maraknya permintaan sirip hiu, yang kerap disajikan di jamuan pernikahan di beberapa komunitas China dan secara keliru diyakini memiliki khasiat medis.

Sirip-sirip tersebut, yang diambil dari 900 hingga 1.000 hiu ukuran hingga lima meter, ditemukan pada Jumat (24/9/2021) di dalam lima kotak di bandara tersibuk Bogota di El Dorado.

Sirip-sirip itu berasal dari "lebih dari tiga spesies" hiu, yang kemungkinan diambil dalam "penangkapan ikan ilegal", kata Urrutia, mengutuk "kerusakan lingkungan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistem laut Kolombia".

Baca Juga: Mengerikan, Hiu Dimangsa Monster Laut Raksasa dalam Satu Serangan

Ilustrasi hiu putih. Kolombia melarang penangkapan hiu sejak 2020 dalam upaya untuk membendung perdagangan sirip ke Asia, karena negara itu merupakan rumah bagi 76 dari 500 spesies hiu yang diketahui. (Sumber: Kompas.com)

Polisi nasional Kolombia akan menangani penyelidikan, tambahnya.

Kolombia melarang penangkapan hiu sejak 2020 dalam upaya untuk membendung perdagangan sirip ke Asia, karena negara itu merupakan rumah bagi 76 dari 500 spesies hiu yang diketahui.

Penjualan dan konsumsi sirip hiu di Hong Kong memang tidak ilegal. Tetapi harus mendapat izin. Sirip hiu tetap populer meskipun telah dilakukan kampanye pelarangan penangkapan hiu selama bertahun-tahun.

Sebagai predator puncak paling vital di lautan, populasi hiu hancur selama beberapa dekade terakhir akibat penangkapan hiu untuk diambil siripnya dan maraknya industri penangkapan long-line sebagai penyebab utama.



Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x