Kompas TV regional berita daerah

Harga Telur Anjlok, Peternak Temui Pemerintah Daerah

Kompas.tv - 27 September 2021, 13:21 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Sejumlah pelaku usaha peternak ayam petelur di Lampung nekat datangi Kantor Pemerintah Provinsi Lampung untuk menyampaikan keluh kesah terkait anjloknya harga telur.

Melalui Koordinator Kelompok Ternak Ayam Petelur (Ketat), Yuce Hengki menyampaikan bahwa harga telur saat ini tidak menutupi biaya produksi para pelaku usaha.

“Kalau biaya pakan standarnya segitu. Seharusnya harga telur juga disesuaikan. Jadi, akan balance dan kami pelaku usaha tetap dapat untung,” tegasnya.

Baca Juga: Harga Kedelai Tinggi, Pengusaha Tahu Tempe Mengeluh

Untuk diketahui, harga telur ayam di pasaran saat ini berada di angka 17 ribu per kilogram. Sementara, biaya pakan menyentuh angka 345 ribu per sak. Angka ini tergolong tinggi dan tidak sebanding dengan harga penjualan telur.

Merespons keluhan para pelaku usaha peternak ayam petelur, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung,  Fahrizal Darminto mengatakan pihaknya akan mengupayakan kestabilan harga telur di pasaran dengan berkoordinasi bersama dinas perdagangan dan peternakan.

“Kita sudah berdiskusi dan akan kami pelajari. Tadi juga dinas perdagangan, dinas peternakan sudah hadir dan akan kita upayakan agar harga telur stabil,” jelasnya.

Baca Juga: Penurunan Harga SWAB PCR Mulai Berlaku di Lampung

Ia juga melanjutkan bahwa di sejumlah provinsi lain juga mengalami kondisi serupa, yakni tingginya harga pakan ayam dan anjloknya harga telur.

Akibat kondisi ini, sejumlah pelaku usaha peternak ayam petelur di Lampung merugi hingga tak sedikit yang gulung tikar.

#hargatelur #bahanpokok #pemprovlampung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.