Kompas TV entertainment lifestyle

Menakjubkan! Zat Kimia Ini Bisa Bikin Kentut bahkan Kotoran Jadi Tidak Bau

Kompas.tv - 9 Oktober 2021, 18:24 WIB
menakjubkan-zat-kimia-ini-bisa-bikin-kentut-bahkan-kotoran-jadi-tidak-bau
Zat kimia bernama bismuth subgallate bisa membuat bau pada kentut dan kotoran menghilang. (Sumber: Annie pm on Unsplash)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kentut dan kotoran umumnya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, sebuah zat kimia bisa membuat bau pada kentut dan kotoran menghilang!

Dr. Raj Karan, M.D., seorang ahli bedah di Dinas Kesehatan Nasional Inggris, mengatakan zat kimia itu bernama bismuth subgallate.

“Ini dikenal sebagai deodoran internal,” ujar Dr. Karan dalam sebuah video seperti dikutip dari Men’s Health pada Sabtu (9/10/2021).

“Ini sudah digunakan untuk menangani kentut dan kotoran yang baunya luar biasa dari orang-orang yang pernah menjalani operasi bedah perut untuk memperpendek atau memotong bagian usus mereka,” imbuhnya.

Operasi bedah perut yang dimaksud di antaranya adalah bedah bariatrik untuk menurunkan berat badan, bedah stoma untuk memasukkan kantong stoma ke dalam perut guna mengumpulkan kotoran, dan bedah-bedah untuk menangani BAB yang tak terkontrol dan irritable bowel syndrome.

Baca Juga: 5 Cara Mandi Agar Kulit Tidak Kering

Obat yang mengandung bismuth subgallate di Amerika Serikat dijual bebas. Obat ini menghilangkan bau dengan cara mencegah bakteri di dalam usus besar mengolah sisa makanan yang ada di saluran pencernaan yang menyebabkan bau pada kentut dan kotoran kita.

Bahkan ada sejumlah penelitian yang mengklaim bismuth subgallate dapat membantu melawan bakteri-bakteri yang ada dalam perut seperti E. coli, salmonella, shigelle, dan cholera.

Efek samping yang umum ditemui saat mengonsumi obat tersebut adalah perubahan warna feses menjadi lebih gelap. Itu dikarenakan adanya kontak dengan sulfur pada air liur atau saluran pencernaan.

“Ada orang-orang di luar sana yang kotorannya tidak bau,” kata Dr. Karan.

Baca Juga: Skincare Alami dari Alpukat dapat Membantu Kulit Terhindar Jerawat, Begini Caranya

 



Sumber : Kompas TV/Men's Health

BERITA LAINNYA



Close Ads x