Kompas TV entertainment lifestyle

Biar Tak Bingung, Ini Tipe-tipe dan Karakteristik Generasi, Milenial hingga Gen Z

Kompas.tv - 11 Oktober 2021, 11:34 WIB
biar-tak-bingung-ini-tipe-tipe-dan-karakteristik-generasi-milenial-hingga-gen-z
Ilustrasi tipe-tipe dan karakteristik generasi (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Istilah Generasi X, generasi milenial, atau generasi Z belakangan ini sering disebut dan dibahas. Namun, di antara kamu mungkin masih bingung siapa yang masuk dalam masing-masing kategori dan bagaimana maksudnya.

Mengingat, dalam satu lingkungan pertemanan atau lingkungan pekerjaan seringkali terdiri dari generasi yang berbeda-beda.

Menurut Kupperschmidt (2000) dalam buku berjudul “Multigeneration employees : Strategies for effective management. Health Care Manager” "menjelaskan generasi adalah sebuah kelompok individual yang didentifikasi berdasarkan tahun kelahiran, umur, tempat, dan peristiwa yang terjadi kepada grup individu tersebut, yang memiliki dampak signifikan dalam fase perkembangan mereka".

Nah, berikut tipe-tipe generasi dan karakteristiknya

1. Baby Boomers

Istilah Baby Boomers adalah orang yang lahir di antara tahun 1946-1960. Mempunyai karakteristik yang komunal dan pemikiranya terpadu.

Menurut Lancaster & Stillman (2002), generasi ini dinilai terlalu idealis dalam membuat perubahan positif didunia. Generasi ini juga dinilai kompetitif dan mencari cara untuk melakukan perubahan dari sistem yang ada.

Mempunyai karakteristik yang lebih kepada kesabaran, soft skill, menghargai tradisi, EQ, pekerja keras.

Baca Juga: Indonesia Didominasi Generasi Milenial dan Z, Apa Tantangannya?

2. Generasi X

Adalah istilah untuk orang dengan tahun kelahiran antara 1960-1980. Di Indonesia sendiri, generasi X dibesarkan dalam masa orde baru yang banyak terjadi konflik.

Pada saat ini, kebanyakan dari Gen-X adalah orang tua dan pekerja full-time. Mempunyai karakter berpusat pada diri sendiri dan pemikiran jangka menengah.

Nilai pada dirinya lebih kepada pekerja keras, keterbukaan, menghargai keragaman, rasa ingin tahu, kepraktisan. Generasi ini juga cukup akrab dengan teknologi dan sudah menjadikan teknologi  dengan percaya diri, menurut Bencsik & Machova, 2016.



Sumber : Kompas TV/berbagai jurnal

BERITA LAINNYA



Close Ads x