Kompas TV nasional update

Megawati Dilantik Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Apa Tugasnya?

Kompas.tv - 13 Oktober 2021, 20:30 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo resmi melantik Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Rabu (13/10/2021), di Istana Negara, Jakarta.

Megawati Soekarnoputri ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengarah yang akan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Pelantikan ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 45 Tahun 2021 tentang pengangkatan Dewan Pengarah BRIN.

Selain megawati, sembilan anggota dewan pengarah lain yang dilantik presiden diantaranya Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah.

Serta sejumlah guru besar seperti Profesor Emil Salim, Professor I Gede Wenten, Profesor Marsudi Wahyu Kisworo sebagai anggota dewan pengarah.  

Sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional, Megawati bertugas memberikan arahan kepada Kepala BRIN untuk merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi, hingga penyelenggaraan ketenaganukliran dan keantariksaan yang menjadi landasan pembangunan nasional.

BRIN berfungsi untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan invensi dan inovasi, serta penyelenggaraan ketenaganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan yang terintegrasi.

Ini adalah kali kedua Megawati dilantik menjadi dewan pengarah di bawah naungan Presiden Jokowi.

Mega sebelumnya juga dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila pada tahun 2018 lalu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x