Kompas TV regional gaya hidup

Sentrum Space, Ruang Kreatif Bauran Pertama di Yogyakarta Bikin Kerja dan Main Kian Menyenangkan

Kompas.tv - 14 Oktober 2021, 18:36 WIB
sentrum-space-ruang-kreatif-bauran-pertama-di-yogyakarta-bikin-kerja-dan-main-kian-menyenangkan
Sentrum Space, pertama dan baru satu-satunya creative hybrid space atau ruang kreatif bauran di Yogyakarta, menawarkan konsep sinergitas banyak entitas dalam satu kawasan terpadu. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Creative space atau ruang kreatif publik bertebaran di mana-mana, tak terkecuali Yogyakarta. Namun, tidak semua daerah memiliki creative hybrid space atau ruang kreatif  bauran.

Ruang kreatif publik biasanya terdiri dari sebuah area untuk bekerja (co-working space) lengkap dengan kafe yang menyajikan menu kopi. Sementara ruang kreatif bauran atau hybrid creative space menyajikan konsep tempat yang lebih dari sekadar tempat kerja dan ngopi.

Sentrum Space, pertama dan baru satu-satunya ruang kreatif bauran di Yogyakarta, menawarkan konsep sinergitas banyak entitas dalam satu kawasan terpadu. Jadi, di tempat ini pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas yang disukai.

Baca Juga: Pos Bloc Jakarta, Ruang Kreatif Anak Muda Inovasi PT Pos Indonesia

Jika ingin bekerja, kafe utama Sentrum bisa digunakan sebagai tempat untuk membuka laptop. Namun, untuk pertemuan terbatas dan membutuhkan privasi, Sentrum Space juga menyediakan ruangan untuk rapat dan bekerja bersama.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai, sangat tepat jika datang ke Sentrum Space yang berlokasi di Jalan Kaliurang Km 10 Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Jalan S. Hartono, pada pukul 15.00 sampai 18.00 WIB. Amfiteater mini dengan pemandangan lepas ke lahan persawahan bisa menjadi spot menarik untuk menunggu matahari terbenam.

Jika ada pengunjung ingin mencicipi aneka makanan, bahkan fashion sekalipun, Sentrum Space juga memfasilitasi melalui tenant-tenant yang bekerja sama dengan Sentrum Space.

Ada 13 entitas yang tergabung dalam Sentrum Space, yakni Arintrax Rocks, Els Beauty, Estimon, Deus Ex Machina, Evermos at Sentrum Market, RWFeedco, The Original Gelato, Geulish Pretzel, Donut Balap, Sate Tuna, Manis Legit Bites, Agres Indonesia, dan Kilomantra Indonesia.

“Kami mengurasi entitas atau tenant yang bergabung dengan Sentrum Space supaya tidak saling berkompetisi melainkan berkolaborasi, jadi tidak ada tenant yang menjual produk serupa di sini,” ujar Khairul Anwar, Marketing Communication And Community Relations Sentrum Space, Kamis (14/10/2021).

Sekalipun kasus Covid-19 mulai melandai, Sentrum Space tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik dan terkontrol. Alat pengukur suhu tubuh dan tempat cuci tangan disiapkan di area masuk dan di dalam kompleks Sentrum Space, posisi jaga jarak aman,  satu sampai dua meter juga diatur di dalam areal seluas 5.500 meter persegi ini.

Tempat yang buka dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB ini juga memiliki kafe utama bernama Sentrum. Kafe ini menyediakan menu makanan ringan sampai berat dengan aneka minuman.

Baca Juga: Siap Dibangun Oktober Nanti, Papua Youth Creative Hub akan Jadi Ruang Kreatif Anak Papua

Berbeda dengan tempat yang menjual tempat dan fasilitas, Sentrum Space juga tidak mengabaikan rasa makanan yang dijual di Sentrum Kafe. Sekalipun harganya relatif terjangkau ala kedai kopi kekinian, namun rasa setiap menu tidak sembarangan.

Bahkan, bisa dibilang menu yang disajikan di Sentrum Space Yogyakarta serupa cita rasa hotel bintang lima yang autentik dengan bahan baku pilihan, mulai dari aneka sandwich, pasta, rice bowl, chicken cordon bleu, dan sebagainya.

Rencananya, Sentrum Space juga menghadirkan acara-acara yang mengedepankan kolaborasi, inkubasi dunia kreatif dan juga komunitas. Seperti perhelatan pada 22-24 Oktober 2021 bertajuk Pasar Srawung Pop Art Market Akhir Pekan yang menawarkan produk artisan, musik, dan kelas terbuka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x