Kompas TV nasional kriminal

Kejahatan Seksual Menjadi Salah Satu Kejahatan Paling Sulit Diproses hingga Tuntas

Kompas.tv - 15 Oktober 2021, 12:31 WIB
kejahatan-seksual-menjadi-salah-satu-kejahatan-paling-sulit-diproses-hingga-tuntas
Ilustrasi: Kejahatan seksual sebagai salah satu jenis kejahatan yang paling sulit diproses hingga tuntas. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Psikolog Forensik Reza Indragiri Amriel mengamini kesimpulan para ilmuwan yang menyebut kejahatan seksual sebagai salah satu jenis kejahatan yang paling sulit diproses hingga tuntas. Tuntas dalam arti diproses dengan cara-cara yang berpihak kepada korban.

"Salah satu jenis kejahatan yang paling sulit untuk diproses hingga tuntas apalagi dituntaskan dengan cara-cara yang berpihak kepada korban, itu salah satu yang paling sulit adalah kasus kejahatan seksual," kata Reza kepada Kompas TV dalam program "Dialog Sapa Indonesia Pagi", Jumat (15/10/2021).

Reza menjelaskan hal tersebut berdasar pada data yang menunjukkan bahwa pengungkapan kejahatan seksual di Amerika Serikat mengalami penurunan.

Pada era 60-an, diketahui pengungkapan kasus bisa mencapai 60 persen di negeri Paman Sam itu. Sementara berdasarkan data tahun 2017, kata dia, anjlok menjadi 30 persen.

Baca Juga: Ini Pentingnya Gunakan Perspektif Korban dalam Penyelesaian Kasus Kekerasan Seksual Anak

Selain itu di Indonesia, jumlah korban kejahatan seksual yang berani melapor kepada otoritas kepolisian hanya berkisar pada 25-40 persen.

"Itu artinya, kebanyakan korban banyak yang memilih tidak untuk melapor atau bahkan mungkin dipaksa untuk tidak melapor," jelasnya.

Data tersebut, kata Reza, merupakan sebuah gambaran terkait kompleksnya pengungkapan kasus kejahatan seksual.

Oleh karena itu, orang pertama yang mendapat gelar Master Psikologi Forensik di Indonesia ini pertama-tama ingin memberi penghargaan kepada para penyintas kejahatan seksual yang telah mengaku sebagai korban.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x