Kompas TV nasional hukum

Terjaring OTT KPK, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin Ternyata Punya Segudang Prestasi

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 11:24 WIB
terjaring-ott-kpk-bupati-muba-dodi-reza-alex-noerdin-ternyata-punya-segudang-prestasi
Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin yang terjaring (Sumber: mubakab.go.id)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin jadi pemberitaan media nasional lantaran diduga terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (15/10/2021) malam.

Namun, di luar dari kasus yang menjeratnya, putra kandung politisi kawakan yang juga mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin itu punya segudang prestasi.

Diketahui, sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), putra sulung Alex Noerdin itu sudah berhasil mendapatkan beasiswa dari Depdikbud RI untuk mengikuti Program Pertukaran Pemuda Antarnegara ke Kanada.

Dodi Reza meraih Sarjana Ekonomi di Belgia dengan predikat Grande Distinction atau High Honor serta skripsinya juga meraih Banque Bruxelles Lambert Prize Award sebagai karya skripsi terbaik se-Belgia.

Pada jenjang S2, ia kembali mengukir prestasi saat lulus dengan predikat Magna Cum Laude.

Tidak mengejutkan, ketika kemudian Dodi mendapat beasiswa fellowship di Massachussets Institute of Technology (MIT), Cambridge, Massachusetts, USA pada tahun 2010.

Pada tahun 2010 dan 2011, ia menjadi delegasi Indonesia dalam WTO Third Country Training Programme di Singapura.

Dodi Reza juga pernah berpartisipasi dalam Forum 100 Kepemimpinan Asia di Filipina tahun 2008.

Pendidikan Strata 3 Dodi selesaikan di Universitas Padjadjaran pada tahun 2020 dengan meraih gelar Doktor di bidang Administrasi Publik. Dan saat ini, seperti dilansir dari TribunnewsPalembang, Dodi Reza juga menjadi pengajar pada Universitas Sriwajaya pada program studi yang sama.

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Ditangkap

Pada kiprah pemerintahan, pria kelahiran 1 November 1970 itu pernah menjajaki jabatan selevel DPR RI. 

Saat ini, Dodi menjabat Bupati Musi Banyuasin periode 2017-2022.

Sejak menjabat bupati, Dodi dikenal sebagai pejabat yang banyak berbicara di dunia internasional.

Dodi Reza Alex Noerdin membawa nama bangsa untuk memperjuangkan komoditas sawit Indonesia seperti pada Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim (COP) di Polandia 2019 dan di Madrid 2020. 

Pada forum itu, dirinya membawa cerita sukses Kabupaten Musi Banyuasin sebagai daerah komoditas sawit yang berkelanjutan karena Ia juga didaulat sebagai Ketua Umum Kabupaten Lestari (LTKL), yang berisikan kabupaten-kabupaten yang mengacu pada pembangunan hijau dan berkelanjutan.

Sebelum terpilih sebagai bupati, terlebih dahulu Dodid Reza menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi Golkar dua periode yakni 2009-2014 dan 2014-2016.



Sumber : kompas.com/TribunPalembang

BERITA LAINNYA



Close Ads x