Kompas TV regional berita daerah

Trainset LRT Jabodebek Ke - 31 Selesai Diproduksi

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 18:20 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV -  PT Undustri Kereta Api (INKA) Madiun, Jawa Timur, kembali mengirimkan trainset LRT Jabodebek yang ke 31, Kamis (14/10/2021) siang. Dengan pengiriman ini secara keseluruhan trainset LRT Jabodebek telah selesai diproduksi, dan siap untuk dioperasikan pada tahun 2022 mendatangkan sebagai moda transportasi layanan publik di Jakarta.

Dngan pelepasan trainset ke 31 ini  menjadi penanda jika proses produksi dan uji statis LRT produksi PT INKA telah selesai dikerjakan.

Setiap trainset yang dikirimkan oleh PT INKA ini terdiri dari 6 rangkaian kereta. Trainset LRT Jabodebek kali ini  memiliki salah satu kelebihan yaitu akan dijalankan secara otomatis tanpa dikendalikan oleh Masinis. Sehingga selama ini dalam proses uji coba yang dilakukan oleh PT INKA juga memerlukan waktu yang cukup lama.

Selesainya pengerjaan 31 trainset LRT ini, mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang mengikuti upacara pelepasan trainset LRT secara daring.

31 trainset LRT Jabodebek ini direncanakan akan menjadi moda transportasi layanan publik andalan, yang akan melintasi jalur sepanjang 42 kilometer lintas Jakarta. Trainset LRT Jabodebek ini pun nantinya diharapkan akan dapat menjadi solusi pengurai masalah terutama kemacetan yang sering terjadi di Jakarta.

LRT  Jabodebek ini merupakan karya kedua dari PT INKA setelah sebelumnya PT INKA juga memproduksi LRT Palembang yang dioperasikan pada Asean Game 2018 lalu.

Dirjen Perkeretaapian  Zulfikri mengatakan, untuk prasarananya LRT lintas Cibubur sampai dengan Cawang, hingga kini progresnya telah mencapai 98 persen. sedangkan LRT lintas Bekasi Cawang saat ini progresnya sudah mencapai hampir 87 persen.

#beritamadiun
#keretacepat
#keretaotomatis
#ptinka
#lrtjabodebek
#lrt



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.