Kompas TV video sinau

Siap-siap! Pemerintah Bakal Setop Penjualan Motor Bertenaga Bensin

Kompas.tv - 16 Oktober 2021, 18:28 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Pemerintah akan menghentikan penjualan kendaraan bermotor yang menggunakan bensin. Hal ini sejalan dengan program pemerintah, yaitu net zero emission. Net zero emission,  nanti nya akan menggunakan mesin yang memanfaatkan energi baru dan terbarukan (EBT).

Penyetopan akan dimulai pada tahun 2040, untuk kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor. Kemudian untuk kendaraan roda empat atau mobil, penyetopan akan dilaksanakan mulai 2050.

Melansir dari, laman Resmi Kementerian ESDM.  "Transformasi menuju net zero emission menjadi komitmen bersama kita paling lambat 2060," papar  Arifin Tasrif, Menteri ESDM.

Adapun tujuan dari keputusan ini adalah, meminimalisasi emisi gas buang, kemudian mengurangi efek rumah kaca dan polusi udara. Mendorong penggunaan mobil dengan mesin hemat energi.

Dengan upaya sebagai berikut: peningkatan pemanfaatan EBT, pengurangan energi fosil, kendaraan listrik di sektor transportasi, peningkatan pemanfaatan listrik pada rumah tangga dan industri, dan pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS). 

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Ingin Stop Penjualan Motor dan Mobil yang Pakai BBM

https://www.kompas.tv/article/221528/ini-alasan-jokowi-ingin-stop-penjualan-motor-dan-mobil-yang-pakai-bbm 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x