Kompas TV regional berita daerah

Pedagang Kopi Dilatih Jadi Barista agar Lebih Kreatif Saat Pandemi

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 14:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Santri barista di Jember Jawa Timur menggelar pelatihan meracik kopi untuk kalangan pedagang kopi keliling dan warung. Kegiatan itu bertujuan untuk membangkitkan kreatifitas pedagang kopi di masa pandemi Covid-19.

Latihan barista itu digelar di Jember Coffe Center Pondok Pesantren Al Hasan di Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, pada Rabu (20/10/2021). Latihan meracik kopi itu dipandu oleh seorang santri baristas.

Panitia latihan barista, Misbachul Khoiri Ali mengatakan bahwa dalam latihan itu, peserta dilatih mengenali jenis biji kopi, memilih biji kopi terbaik dan meracik kopi dengan berbagai teknik serta peralatan, seperti cara roasting atau pemanggangan.

Baca Juga: Pelatihan Meracik Kopi Bagi Penyandang Tunarungu di Solo, Jawa Tengah

Selain itu, peserta juga dilatih mengatur suhu, mencampur jumlah kopi dan gula, serta teknik menghias hasil racikan kopi ala barista.

Teknik yang perlu diperhatikan adalah memilih kopi dan merosting, karena roasting atau panggang yang benar akan berpengaruh pada aroma dan rasa kopi.

Sejumlah pedagang kopi mengaku senang dengan latihan barista itu karena dapat meningkatkan keterampilan mereka.

Dengan latihan meracik kopi ala barista profesional diharapkan dapat memunculkan kreativitas dan kebangkitan wirausaha yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

 

#MeracikKopi #LatihanBarista #PedagangKopi #



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x