Kompas TV video sinau

Kenapa Tabung Truk Molen Terus Berputar?

Kompas.tv - 23 Oktober 2021, 20:42 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPASTV-Ketika kita di jalan raya, pasti pernah melihat truk molen melintas. Beda dengan truk biasanya, tabung besar truk molen terus berputar. Melansir berbagai sumber , sebutan yang tepat adalah truck mixer. Namun orang-orang lebih mengenal  dengan sebutan  truk molen.

Tabung molen itu berisi beton segar yang dikirim dari pabrik beton,  menuju lokasi pembangunan. Dalam proses pengiriman ada dua jenis pengadukan. Pertama dry concrete, material dan air diaduk dalam truk molen. Kemudian wet concrete, material yang diaduk beton segar siap pakai.

Supaya kekentalan beton segar dalam truk molen selalu terjaga. harus melalui proses agitasi atau memutar tabung. Maka tabung truk molen harus terus berputar.  Truk molen tidak boleh berjalan membawa beton segar, tanpa penutup corong. Supaya produk yang dibawa, tidak tercecer di jalan

Fungsi lainnya adalah, mengubah batuan yang besar, menjadi ukuran yang diinginkan. Batu-batuan yang besar dihancurkan menggunakan tabung mixer. Kecepatan melaju kendaraan ini juga tidak boleh lebih dari 95 kilometer per jam. Truk molen juga tidak menempuh perjalanan terlalu lama, karena ditakutkan  beton di dalam tabung bisa mengeras, meskipun tabung terus berputar. 

Baca Juga: Apa Itu La Nina? Fenomena Alam Penyebab Tingginya Curah Hujan di Indonesia

https://www.kompas.tv/article/222972/apa-itu-la-nina-fenomena-alam-penyebab-tingginya-curah-hujan-di-indonesia 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x