Kompas TV nasional peristiwa

Besok, Wapres Dijadwalkan Buka Konferensi AICIS 2021 di Solo

Kompas.tv - 24 Oktober 2021, 21:57 WIB
besok-wapres-dijadwalkan-buka-konferensi-aicis-2021-di-solo
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dijadwalkan membuka konferensi AICIS 2021, besok, Senin (25/10/2021).  (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan membuka gelaran Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2021, besok, Senin (25/10/2021). 

Untuk diketahui, kegiatan yang diinisiasi Kementerian Agama (Kemenag) ini akan berlangsung di Kota Surakarta dengan tuan rumah UIN Raden Mas Said. 

"AICIS ke-20 akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin pada Senin (25/10/2020)," ujar Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani di Solo, Minggu (24/10/2021). 

Dia menambahkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming juga diagendakan hadir dalam acara tersebut. 

Ali mengungkapkan gelaran kali ke-20 ini mengusung tema “Islam in a Changing Global Context: Rethinking Fiqh Reactualization and Public Policy”.

Forum diskusi dosen dan peneliti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritik dan praktik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang tengah dihadapi bangsa, utamanya dalam merespons perubahan global.

Selain itu, dia juga mengharapkan acara tersebut juga berdampak pada penguatan identitas ilmu pengetahuan Islam di Indonesia yang menjadi rujukan keilmuan Islam dunia.

Baca Juga: Peringati Hari Santri 2021, Wapres Maruf Amin Bawa Kabar Gembira Tentang Pesantren

“Tema ini sesungguhnya dirumuskan untuk menjawab dinamika perubahan Islam dunia, selain juga mampu melihat lebih dekat bagaimana reaktualisasi fikih dan kebijakan publik dari sudut pandang Islam dalam beragam isu," ujarnya. 

Adapun isu yang dimaksud seperti pandemi, moderasi beragama, kerukunan, harmoni, tata kelola pendidikan, serta isu spesifik lain seperti isu wisata halal, dan lainnya.

"Hal ini diusung sebagai respons terhadap dinamika perubahan global yang terus-menerus terjadi," imbuhnya. 

Sementara itu, Kasubdit Pengembangan Akademik Ditjen Pendis Kemenag M. Syafii mengungkapkan AICIS ke-20 akan berlangsung selama empat hari yaitu pada 25-29 Oktober 2021 di UIN Raden Mas Said Surakarta.

Konferensi ini, kata Syafii, akan dihadiri oleh pembicara dari dalam dan luar negeri serta terbagi dalam sesi Plenary bersama para tamu undangan dan sesi paralel dengan peserta pemakalah terpilih.

“Pakar lintas disiplin keilmuan dunia, dan para menteri diagendakan hadir mengisi beberapa Plenary Session pada gelaran AICIS ke-20," kata Syafii.

Baca Juga: Dear Pengusaha, Wapres Jelaskan 4 Langkah Penting agar Industri Halal Terus Maju



Sumber : Kompas TV/Kementerian Agama

BERITA LAINNYA



Close Ads x