Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi Diminta Tegur Menteri Agama Karena Pernyataan Kemenag Hanya untuk NU

Kompas.tv - 25 Oktober 2021, 09:29 WIB
presiden-jokowi-diminta-tegur-menteri-agama-karena-pernyataan-kemenag-hanya-untuk-nu
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay (Sumber: Dokumen pribadi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Amanat Nasional mengkritik Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas karena menyebut Kementerian Agama merupakan hadiah negara untuk Nahdlatul Ulama.

Pernyataan semacam itu dianggap sangat tidak bijak sehingga Presiden Joko Widodo diminta  untuk menegur Menteri Agama Yaqut.

Baca Juga: Tanggapi Yaqut soal Kemenag Hadiah untuk NU, Sekjen PBNU: Komentar Itu Kurang Bijaksana

Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan mengatakan, selain tidak memiliki landasan historis yang benar, pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dapat menimbulkan sikap eksklusivitas di tengah masyarakat. 

"Pernyataan seperti ini tentu sangat tidak bijak," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay dalam keterangan tertulis, Senin (25/10/2021). "Presiden Jokowi diharapkan dapat memberikan teguran dan peringatan."  

Menurut dia, ini akan mendorong munculnya sekelompok orang tertentu yang merasa lebih hebat dari kelompok lainnya.

"Kalau disebut hadiah bagi NU, terkesan bahwa Gus Yaqut ingin mengatakan bahwa Kementerian Agama hanya milik NU saja," ujarnya. 

Ia menilai, pernyataan-pernyataan seperti ini dapat menjadi preseden buruk di kemudian hari. Jika itu terjadi, akan menyisakan banyak persoalan kebangsaan yang tidak mudah diselesaikan.

"Bisa saja akan muncul elemen dan ormas lain yang mengklaim mendapat hadiah kementerian lain. Misalnya, mendapat hadiah kementerian pendidikan, kementerian kesehatan, kementerian sosial, dan lain-lain," ujarnya.

Baca Juga: Muhammadiyah Tak Paham Maksud Menag Sebut Kemenag Hadiah Negara untuk NU

Ia mengharuskan klaim-klaim seperti ini dihentikan agar semua pihak merasa nyaman dan tidak terganggu. Harus dipastikan bahwa Kementerian Agama adalah milik semua rakyat.

"Untuk mengakhiri polemik dan kontroversi ini, Menteri Agama diminta untuk menyampaikan permohonan maaf," katanya. 

Sejalan dengan itu, Menteri Agama diminta untuk bekerja lebih sungguh-sungguh mengurus persoalan umat. 

"Akan lebih produktif, jika energi yang ada dipergunakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan agama, kualitas pelayanan haji, peningkatan toleransi dan hubungan antar/intra umat beragama, dan banyak lagi aspek kehidupan keagamaan lainnya," kata dia. 

Dalam sebuah acara, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan wajar jika sekarang Nadhlatul Ulama (NU) memanfaatkan banyak peluang yang ada di Kementerian Agama, karena Kementerian Agama adalah hadiah untuk NU.

Baca Juga: Bantah Pernyataan Yaqut, Sekjen PBNU: Kemenag Hadiah Negara untuk Semua Agama

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas membuat pernyataan itu dalam webinar internasional Peringatan Hari Santri 2021 RMI-PBNU, yang ditayangkan di kanal YouTube TVNU, Rabu (20/10/2021) silam.

“Jadi wajar kalau sekarang NU memanfaatkan banyak peluang yang ada di Kementerian Agama karena hadiah untuk NU,” ucapnya.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.