Kompas TV nasional peristiwa

Masjid Istiqlal Hingga Gereja Katedral, Bentuk Nyata Agama Pengaruhi Cara Pandang Perubahan Iklim

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dampak krisis iklim tak main-main, dari degradasi lingkungan, kerawanan pangan dan air, permukaan laut naik, hingga mencairnya es di kutub bumi.

Hal itu membuat seluruh pihak bahu membahu untuk mencegahnya demi keberlangsungan hidup manusia.

Para tokoh agama di dunia turut serta untuk mengkampanyekan bahayanya krisis iklim. Melalui ajaran agama, dogma kepada umatnya masing-masing.

Dalam penelitian  yang dilakukan lembaga Purpose, menemukan bahwa agama memengaruhi cara pandang masyarakat Indonesia terhadap perubahan iklim. 

Dari (jumlah respondenn) 92% orang Indonesia setuju alam dan lingkungan merupakan ciptaan tuhan dan kita punya tanggung jawab untuk merawatnya.

Mayoritas (86%) setuju bahwa menjaga lingkungan adalah perintah agama, sehingga orang beriman harus menaatinya. 

Namun sekitar 75% masyarakat Indonesia setuju bahwa bencana alam adalah hukuman dari tuhan.

Pemimpin agama berada di urutan kedua setelah pemerintah lokal sebagai penyampai pesan perubahan iklim yang paling dipercayai menurut survei Purpose.

Sementara itu Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazuruddin Umar menerangkan bahwa umat muslim membutuhkan pemuka agama yang memiliki dasar pemikiran yang lembut untuk dapat menyampaikan bagaimana cara merawat bumi.

Selain itu, aksi nyata untuk merawat bumi diwujudkan dalam pemanfaatan energi terbarukan di Masjid Istiqlal yakni penggunaan panel surya dan wakaf energi. 

Melalui program dana wakaf akan digunakan untuk mendanai panel surya yang dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik Masjid Istiqlal.

Selain Masjid Istiqlal, Gereja Katedral juga melakukan hal serupa. Romo Hani menjelasakan telah menerapkan pemikiran pemuka agamanya selama 5 tahun. 

Diantaranya membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah basah dan daur ulang, menganjurkan menggunakan botol minum serta menyediakan air minum, membuat sumur resapan dan juga mengusahakan engeri bersih, dan terbarukan melalui panel surya sebagai sumber listrik di kompleks gereja.

Panel surya ini telah menyuplai listrik diseluruh gedung di kompleks Gereja Katedral pada siang hari. Pengadaannya juga mendapat rekor muri sebagai gereja katolik pertama yang seluruh sumber listriknya menggunakan panel energi surya.

Campainger Ummah for Earth menganggap apa yang telah dilakukan para pemuka agama harus tetap dilanjutkan.

92% orang Indonesia setuju alam dan lingkungan merupakan ciptaan tuhan dan kita punya tanggung jawab untuk merawatnya.

Peran pemuka agama mengajak masyakat dalam menjaga bumi adalah metode yang sangat efektif. Manusia akan lebih bertanggung jawab dan menjaga lingkungan sebagai bagian dari iman dan kecintaan terhadap tuhan.
 

Penulis : Reny Mardika

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


AIMAN

Copet "High Class" Balap Mandalika | AIman (1)

Selasa, 30 November 2021 | 18:30 WIB
Berita Daerah

Vaksinasi Berhadiah Tiga Sepeda Motor

Selasa, 30 November 2021 | 18:24 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19