Kompas TV internasional kompas dunia

Protes Kondisi Ekonomi Negaranya, Buruh Korea Selatan Pakai Kostum Squid Game Saat Demo

Senin, 25 Oktober 2021 | 11:00 WIB
protes-kondisi-ekonomi-negaranya-buruh-korea-selatan-pakai-kostum-squid-game-saat-demo
Drama Korea Squid Game tayang di Netflix (Sumber: Netflix)

SEOUL, KOMPAS.TV – Ribuan orang menggelar demontrasi di Seoul dengan menggunakan kostum ‘Squid Game’ untuk memprotes kondisi ekonomi di Korea Selatan, Rabu (20/10/2021).

Mereka memanfaatkan kepopuleran serial Netflix Squid Game untuk mendapatkan perhatian, baik dari pemerintah maupun publik.

Konfederasi Serikat Buruh Korea (KTCU) menjadikan Squid Game sebagai tema utama mereka dalam mengorganisir aksi unjuk rasa tersebut.

Baca Juga: Balas Adegan Sinetron Dari Jendela SMP Mirip Squid Game, Netflix Cuma Mengikik

Mereka juga memproduksi video promosi bergaya Squid Game di media sosial mereka dengan menampilkan para buruh Korea Selatan untuk menyuarakan dukungan ke berbagai serikat buruh dan meminta bantuan pemerintah.

KTCU sendiri menyebutkan aksi demontrasi tersebut sebagai langkah pertama untuk mengatasi ketidaksetaraan di dunia.

Pihaknya menuntut diakhirinya kontrak kerja yang tidak teratur dan undang-undang yang dianggap gagal melindungi buruh di perusahaan kecil dari diskriminasi.

“Kami terus bergerak maju ke dunia kesetaraan dengan teriakan pekerja yang memenuhi jalan-jalan dan bergema di seluruh negeri,” kata perwakilan dari KTCU, dikutip dari CBS News, Senin (25/10/2021).

Selain itu, KTCU juga menyerukan hak bagi semua buruh untuk membentuk serikat pekerja, mendesak pemerintah bertanggung jawab atas keamanan kerja di tengah transisi ekonomi negara dari industri ke jasa, penguatan jaringan transportasi publik, jaminan kesehatan, perumahan, dan pendidikan.

Baca Juga: Waduh Permainan Squid Game Memakan Korban, 5 Anak Terinjak-injak Dibawa ke Rumah Sakit

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

Sumber : CBS News



BERITA LAINNYA


AIMAN

Copet "High Class" Balap Mandalika | AIman (1)

Selasa, 30 November 2021 | 18:30 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:36
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19