Kompas TV nasional peristiwa

Menhan Prabowo Serahkan Dua Kapal Perang Baru Karya Anak Bangsa

Kompas.tv - 27 Oktober 2021, 23:05 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Dua kapal dan alutsista maritim karya anak bangsa diserahkan Menhan Prabowo Subianto kepada Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, di kawasan Bandar Abadi, Tanjung Ucang, Batam, Kepulauan Riau.

Dua kapal perang ini memiliki panjang 117 meter, lebar 16,40 meter mampu membawa 15 unit tank BMP 3 F dan satu unit helikopter.

Karya anak bangsa, dua kapal angkut tank yang diberi nama KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527 ini merupakan salah satu upaya menambahan kekuatan pertahanan negara, serta mendorong kemampuan kemandirian industri pertahanan dalam negeri.

Penamaan KRI Teluk Weda 526  diambil dari nama sebuah teluk yang terletak dari Halmahera, Maluku Utara yang terkenal akan keindahan taman lautnya.

Baca Juga: Prabowo Serahkan 2 Kapal Perang ke TNI AL: Ini Hasil dari Rakyat, Tolong Dijaga

Adapun nama KRI Teluk Wondama 527 diambil dari nama Teluk Kepala Burung, Pulau Papua  yang dianggap sebagai surga terapung karena keindahan alamnya.

Masuknya dua kapal perang jenis angkut tank ini ke jajaran alutsista TNI Angkatan Laut diharapkan akan memenuhi upaya pemerintah untuk mendorong kemandirian indrustri, pertahanan dalam negeri sekaligus mengurangi ketergantungan kepada indrustri pertahanan luar negeri.

Kita patut bangga pada anak bangsa yang bisa lebih cepat waktu pengerjaannya yang telah di tentukan karena kita butuh angkatan laut yang kuat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x