Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Jangan Abai Jika Perilaku Anak Berubah, Ini 4 Tanda Korban Perundungan

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 16:45 WIB
jangan-abai-jika-perilaku-anak-berubah-ini-4-tanda-korban-perundungan
Ilustrasi. Perundungan atau bullying tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak-anak pun tak jarang menjadi korban atau bahkan pelaku perundungan. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Perundungan atau bullying tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak-anak pun tak jarang menjadi korban atau bahkan pelaku perundungan.

Dilansir Cleveland Clinic, berdasarkan data National Center for Education Statistics atau Pusat Statistik Pendidikan Nasional Amerika Serikat, pada tahun ajaran 2016 hingga 2017, 1 dari 5 siswa mengaku mengalami intimidasi di sekolah.

Survei Perilaku Risiko Pemuda (YRBS) 2019 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan bahwa siswa sekolah menengah yang mengidentifikasi diri sebagai lesbian, gay atau biseksual (LGB) mengatakan mengalami intimidasi di sekolah (32 persen) dan perundungan siber atau cyberbullying (26,6 persen), secara signifikan lebih banyak daripada teman sebaya mereka.

“Studi terbaru menunjukkan bahwa ada peningkatan rasisme anti-Asia selama pandemi ini,” kata Zeyd Khan, MD.

“Lebih dari 80% anak-anak dalam kelompok itu berbicara tentang beberapa tingkat intimidasi. Ini benar-benar meresahkan.”

Perundungan terjadi dalam banyak bentuk yang berbeda dan dapat mencakup pelecehan verbal.

“Dulu, Anda mungkin mendengar ungkapan, 'Tongkat dan batu dapat mematahkan tulang saya, tetapi kata-kata tidak akan pernah menyakiti saya,'” kata Dr Khan.

“Tapi kemudian, seiring waktu, kami belajar bahwa kata-kata berbahaya dengan caranya sendiri.”

Selain tindakan perundungan secara langsung atau fisik, perundungan juga dapat terjadi secara online atau daring, yang disebut dengan perundungan siber atau cyberbullying.

“Media sosial adalah alat yang hebat untuk menyebarkan informasi dan lebih terhubung,” kata Dr. Khan. “Tapi itu menawarkan tantangan unik.”

Baca Juga: Cegah Perilaku 'Bullying' Pada Anak, Kolaborasi Orang Tua dan Sekolah Diperlukan

Dia menunjukkan efek abadi dari komentar yang menjengkelkan atau jahat sebagai salah satu alasan, serta fakta bahwa pelaku intimidasi dapat dilakukan oleh orang-orang yang menyembunyikan identitas asli mereka.

"Komentar yang mungkin pernah Anda abaikan atau lewati dengan cukup cepat akan tertanam dan teringat," kata Dr Khan.

“Mungkin Anda bahkan tidak bisa menghapusnya atau melewatinya karena mereka terus datang kembali. Media sosial adalah bagian dari kehidupan sosial mereka, sulit bagi anak-anak untuk offline.”

4 Tanda Anak Jadi Korban Perundungan

Kata Dr Khan, tidak ada satu pun tanda yang bisa memastikan bahwa anak merupakan korban perundungan.

“Setiap anak berbeda. Semua orang menghadapi ini dengan caranya sendiri.”

Namun, berikut adalah 4 tanda bullying:

1. Depresi

Dapat dimengerti bahwa intimidasi dapat menyebabkan anak-anak menjadi depresi, meskipun gejalanya mungkin terlihat berbeda dari yang diharapkan.

Orang dewasa yang mengalami depresi biasanya ditandai dengan suasana hati yang sedih dan tertekan.

“Tetapi ketika anak-anak mengalami depresi, Anda mulai melihat sifat lekas marah. Suasana hati tipe remaja yang khas adalah bagian dari itu, tetapi ketika itu berkepanjangan, signifikan dan perubahan mencolok dari normal, maka Anda harus mulai khawatir.

2. Menghindari sekolah

Jika anak sering melaporkan rasa sakit atau gejala fisik sebagai alasan untuk tinggal di rumah, ini mungkin merupakan tanda mereka ingin menghindari sekolah karena pengganggu.

“Anda mungkin mulai mendengar anak Anda mengatakan hal-hal seperti, 'Oh, kepala saya sakit sekali. Saya tidak ingin pergi ke sekolah. Saya tidak enak badan.’ Ini mungkin petunjuk bagi Anda bahwa mungkin ada hal lain yang terjadi di sini."

3. Kecemasan

Dr Khan mengatakan, kecemasan, terutama kecemasan sosial, sangat umum terjadi pada anak-anak yang diintimidasi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x