Kompas TV internasional kompas dunia

Yahoo Resmi Keluar dari China, Ada Apa?

Kompas.tv - 3 November 2021, 10:37 WIB
yahoo-resmi-keluar-dari-china-ada-apa
Yahoo Mail adalah salah satu layanan Yahoo yang laris manis di pasaran. Yahoo kini memutuskan keluar dari China karena UU Perlindungan Data Pribadi berlaku (3/11/2021). (Sumber: Yahoo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

BEIJING, KOMPAS.TV- Perusahaan teknologi Yahoo resmi keluar dari China, dengan menghentikan semua layanannya di negeri panda itu. Penyebabnya, karena China resmi memberlakukan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi per 1 November 2021.

Mengutip dari BBC News, Rabu (3/11/2021), langkah yang diambil Yahoo itu mengikuti jejak perusahaan teknologi lainnya. Seperti Google dan Microsoft. Bulan lalu, Microsoft mengumumkan mereka menyetop jaringan sosial LinkedIn di China.

"Yahoo tetap berkomitmen pada hak-hak pengguna kami dan internet yang bebas dan terbuka. Kami berterima kasih kepada pengguna kami atas dukungan mereka," kata juru bicara Yahoo kepada BBC News.

Sebelumnya, Yahoo sudah menutup sejumlah layanannya seperti email dan layanan berita sejak 2013. Kemudian pada 2015, Yahoo resmi menutup kantornya di Beijing dan melakukan PHK kepada 300 pekerjanya. Yahoo juga pernah menjadi investor awal raksasa e-commerce China, Alibaba.

Baca Juga: Elon Musk Siap Jual Saham Tesla Rp 85 T untuk Atasi Kelaparan, tapi Ada Syaratnya

Pemerintah China dibawah Presiden Xi Jin Ping, memang membuat banyak aturan bagi perusahaan swasta. Terutama di sektor teknologi, pendidikan, permainan, dan hiburan dalam beberapa bulan terakhir. China juga sangat memperhatikan praktik monopoli oleh swasta.

Sederet aturan yang diberlakukan pemerintah China juga membuat nilai saham perusahaan-perusahaan terbesar China jeblok. Rencananya pemerintah China juga memperkuat aturan yang menekan perilaku monopoli dan mengatur inovasi teknologi.

Pemerintah China juga ikut campur dalam bisnis swasta yang berhubungan dengan banyak orang. Seperti layanan keuangan, pendidikan, dan bimbingan belajar.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.