Kompas TV regional berita daerah

Pulau Maratua dan Sambit Jadi Kawasan Ekonomi Biru

Kompas.tv - 10 November 2021, 00:27 WIB

BERAU, KOMPAS.TV - Rencana pengembangan strategis blue ekonomi adalah program lanjutan dari konsep green ekonomi, yang telah menetapkan Pulau Maratua dan Pulau Sambit dengan beragam potensi laut di Kabupaten Berau masuk kedalam daftar yang akan dikembangkan.

Tercatat ada tiga konsep dasar yang diusung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dalam ekonomi biru. Yakni  meningkatkan pendapatan Negara, kedua pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor, dan ketiga pembangunan dan pengembangan kampung perikanan budidaya tawar,payau dan laut berbasis kearifan lokal.

Salah satu alasan mengapa pulau maratua dipilih sebagai kawasan blue ekonomi, karena selain memiliki potensi perikanan yang cukup luas, Pulau Maratua juga memiliki potensi wisata baharinya. Di pulau ini juga akan dilakukan penanaman dan perehabilitasian mangrove yang akan berguna untuk emisi karbon.

Kegiatan ini,pengerjaan nya akan dilakukan bersama-sama,oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Testorasi Hutan Mangrove, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Program Blue Ekonomi ini juga telah mendapat dukungan penuh oleh negara-negara ASEAN.  Dengan harapan, bisa menjadi solusi bersama dalam pengurangan emisi carbon.

#KPP #BlueEconomy #Maratua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x