Kompas TV nasional berita utama

Pengamat soal Vaksin Merah Putih: Pemerintah Harus Berikan KUM kepada UNAIR

Kompas.tv - 11 November 2021, 11:17 WIB
pengamat-soal-vaksin-merah-putih-pemerintah-harus-berikan-kum-kepada-unair
Ilustrasi vaksin Covid-19. Bibit Vaksin Merah Putih produksi Universitas Airlangga sudah diserahkan ke PT Biotics untuk menjalani tahap uji klinis (9/11/2021).. (Sumber: pixabay.com/Torstensimon)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah seharusnya memberikan KUM (kumulatif) kepada Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai pihak yang pertama mengembangkan Vaksin Merah Putih.

Demikian Pengamat Kebijakan Publik Riant Nugroho dalam keterangannya di Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Kamis (11/11/2021).

“Diberikanlah grand yang cukup untuk menjadi center of excellent pengembangan vaksin. Kenapa? Yang lain belum jalan, IPB tidak, UI tidak,” katanya.

“Bahkan kalau perlu mengalahkan yang namanya Bio Farma, kenapa? Bio Farma itu BUMN yang diberikan mandat menyiapkan vaksin loh, ya memang kemarin mengerjakan, memperbanyak saja tetapi tidak meng-create,” tambah Riant.

Dalam keterangannya, Riant menyayangkan sikap pemerintah khususnya Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkes Budi Gunadi Sadikin yang tidak sigap melihat aset bangsa.

Baca Juga: Selain Booster, Menkes Sebut Vaksin Merah Putih Disiapkan untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Pasalnya, telah membiarkan Universitas Airlangga (UNAIR) bekerja sama dengan Pt Biotis Pharmaceutical dalam upaya menghadirkan Vaksin Merah Putih.

“Biotis itu perusahaan yang majoritynya dimiliki dari negara China Tiongkok, Taiwan, yang ketiga berusia minoritas. Kenapa enggak Bio Farma yang membantu dulu,” kata Riant.

“Jadi ini menurut hemat saya, Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Kesehatan kurang sigap ini, kalau saya Menteri BUMN langsung saya rangkul ini, ini aset negara loh.”

Riant pun menuturkan peran Bio Farma dalam perihal vaksin juga sepatutnya dipelototi dan ditegur.

Karena ternyata, Bio Farma sebagai BUMN yang didukung pemerintah kerjanya tidak lebih cepat dibandingkan dengan Unair.

Sebelumnya, oleh Peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga Ni Nyoman Tri Puspaningsih menuturkan Vaksin Merah Putih akhirnya memasuki fase uji klinis pada manusia awal Desember 2021. Setelah mengalami penundaan dari rencana awal pada bulan Oktober.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x