Kompas TV regional politik

Mahfud: Kesuksesan PON XX dan Peparnas XVI Bukti Papua Aman dan Damai

Kompas.tv - 13 November 2021, 04:35 WIB
mahfud-kesuksesan-pon-xx-dan-peparnas-xvi-bukti-papua-aman-dan-damai
Menko Polhukam Mahfud MD didampingi Sekretaris Militer Tonny Harjono menyampaikan 4 Nama Tokoh yang mendapat gelar pahlawan pada 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Menko Polhukam/Ninuk)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

PAPUA, KOMPAS.TV - Keberhasilan Pemprov dan masyarakat Papua dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura berjalan sukses membuktikan Bumi Cenderawasih aman dan damai.

Hal itu diungkap Menkopolhukam Mahfud MD saat saat jumpa pers di Media Center Kominfo Peparnas Papua, Jayapura, Jumat (12/11/2021).

Mahfud juga memberi apresiasi kepada Pemprov dan masyarakat Papua yang telah membuat kompetisi olahraga tingkat nasional berjalan baik, aman, damai dengan stabilitas politik yang terjaga.

Baca Juga: PON XX Sukses, Mahfud MD: Papua Sangat NKRI!

Menurutnya berkaca dari kesuksesan kedua acara tersebut, tidak tertutup kemungkinan ke depan Papua bisa menjadi tuan rumah ajang kompetisi olahraga tingkat nasional.

"Saya bangga dan memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Papua dan seluruh masyarakat Papua atas keberhasilan yang telah dicapai. Semboyan 'Torang Bisa' bukan hanya semboyan semata, melainkan bukti bahwa perhelatan akbar di tanah Papua ini memang betul-betul bisa dilakukan," ujar Mahfud, dikutip dari Antara

Lebih lanjut Mahfud menilai, Papua akan menjadi opsi bagi pemangku kepentingan untuk mengadakan aneka gelaran kompetisi olahraga.

Terlebih infrastruktur dan pendukung yang menjadi modal utama dalam menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga telah terbangun. 

Baca Juga: PON XX Berakhir dengan Kesuksesan, Warga Papua Berharap Bisa Gelar Ajang Internasional

Selain itu, Pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan yang Komprehensif.

Dengan mencakup tujuh prioritas utama, yakni kemiskinan, pendidikan, kesehatan, usaha, mikro, dan kecil (UMK), ketenagakerjaan, pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), dan pembangunan infrastruktur.

Mahfud berharap melalui tujuh prioritas tersebut stabilitas politik di Papua menjadi aman dan damai.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Tutup PON XX: Papua, Sa Cinta Ko…

Kemudian insiden yang kerap muncul di Papua dapat diredam secara efektif melalui berbagai program yang didasari prioritas yang telah termaktub dalam inpres tersebut.

"Menciptakan rasa aman, damai, serta memperkuat persatuan dan kesatuan tindakan kekerasan harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya," ujar Mahfud. 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x