Kompas TV olahraga kompas sport

Kalahkan Rusia 1-0, Kroasia Pastikan Satu Tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar

Kompas.tv - 15 November 2021, 00:35 WIB
kalahkan-rusia-1-0-kroasia-pastikan-satu-tiket-ke-piala-dunia-2022-qatar
Kroasia memastikan satu tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar usai mengalahkan Rusia dengan skor 1-0, Minggu (14/11/2021). (Sumber: FIFA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Fadhilah

SPLIT, KOMPAS.TV - Kroasia berhasil memastikan satu tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah berhasil menjadi juara grup di babak kualifikasi.

Kepastian Kroasia lolos ke Qatar mereka dapatkan setelah meraih kemenangan 1-0 atas Rusia dalam pertandingan penentuan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Poljud, Minggu (14/11/2021).

Tambahan tiga poin membuat tim asuhan Zlatko Dali finis di puncak Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ivan Perisic dkk berhasil mengumpulkan 23 poin dari 10 pertandingan, mengungguli Rusia yang harus bermain di babak play off untuk lolos ke Piala Dunia 2022 dengan poin 22.

Dalam laga yang harus dimenangkan Kroasia ini, tuan rumah langsung memulai pertandingan dengan tampil menyerang.

Peluang pertama Kroasia datang lewat upaya Ivan Perisic yang melakukan tusukan dari kaki kiri meski masih bisa digagalkan oleh kiper Rusia Matvei Safonov.

Selanjutnya, giliran Andrej Kramari mengancam melalui sundulannya yang masih bisa ditangkap oleh Safonov.

Serangan terus menerus dilancarkan Kroasia kali ini lewat kaki Marcelo Brozovi yang tendangan jarak jauhnya masih melebar dari tiang gawang.

Meski terus melancarkan serangan, namun gol juga tak kunjung tiba bagi tim asuhan Zlatko Dalic. Sebaliknya, Rusia yang tampaknya puas untuk mempertahankan satu poin karena hal tersebut membuat mereka lolos langsung ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Hari Ini: Hasil Seri Bisa Antar Portugal, Spanyol, dan Rusia ke Qatar

Skor 0-0 menghiasi laga ketika wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, lalu lintas serangan masih satu arah dilancarkan Kroasia ke gawang Rusia.

Kroasia kembali mendapatkan dia peluang melalui upaya Pašali dan Petkovic yang masih belum mampu menjebol gawang Safonov.

Pada 15 menit terakhir, Vyacheslav Karavaev mencatatkan peluang pertama Rusia di laga ini. Tetapi upayanya masih bisa diselamatkan oleh kiper Kroasia Ivo Grbi yang lebih banyak menjadi penonton di laga ini.

Berkat kegigihan yang dilakukan pasukan Kroasia, pertahanan yang digalang Rusia akhirnya runtuh juga di menit ke-81.

Fedor Kudryashov yang secara tidak sengaja membelokkan umpan silang Borna Sosa justru membuat bola masuk ke gawangnya sendiri dan membuat Kroasia berhasil unggul 1-0.

Di sisa waktu pertandingan, keunggulan tersebut berhasil dipertahankan dan membawa Kroasia menjadi tim selanjutnya yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Sementara itu, Rusia harus puas menempati posisi kedua dan harus menunggu lawan di babak play-off untuk merebut satu tiket tampil di Piala Dunia Qatar tahun depan.

Baca Juga: Daftar 6 Negara yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022



Sumber : Kompas TV/FIFA


BERITA LAINNYA



Close Ads x