Kompas TV olahraga kompas sport

9 Tim Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022, Portugal Lakoni Play-off, Italia Waswas

Kompas.tv - 15 November 2021, 16:34 WIB
9-tim-sudah-lolos-ke-piala-dunia-2022-portugal-lakoni-play-off-italia-waswas
Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa akan dimulai pada hari ini, Rabu (24/3/2021). (Sumber: Twitter @FIFAWorldCup)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 9 tim sudah memastikan lolos ke Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar. Tetapi, Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo harus melakoni babak play-off untuk berpartisipasi di Qatar.

Portugal harus menderita kekalahan pahit 1-2 dari Serbia dalam laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Senin (15/11/2021) di Estadio da Luz.

Padahal, Cristiano Ronaldo dan kolega hanya membutuhkan hasil imbang. Mereka bahkan mampu unggul lebih dulu lewat gol cepat Renato Sanches pada menit ke-2.

Namun, Serbia tampil trengginas. Pasukan Dragan Stojkovic mampu membalas lewat gol Dusan Tadic menit 33 dan memastikan diri lolos ke Piala Dunia via tandukan Aleksandar Mitrovic pada menit 90.

Baca Juga: Kalahkan Rusia 1-0, Kroasia Pastikan Satu Tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar

Serbia menjadi tim ke-9 yang memastikan diri lolos ke Qatar. Sebelumnya, negara-negara macam, Qatar (tuan rumah), Jerman, Denmark, Brazil, Kroasia, Spanyol, Prancis, serta Belgia.

Sementara itu, beberap tim Eropa hampir memastikan lolos, tetapi harus melakoni laga terakhir yang akan berlangsung dini hari nanti.

Salah satunya adalah kampiun Piala Eropa 2020, Italia.

Gli Azzurri belum pasti lolos ke Piala Dunia 2022, lantaran hanya unggul selisih gol dari rivalnya di Grup C, Swiss (15 poin). Italia wajib meraih kemenangan atas Irlandia Utara atau berharap Swiss menelan kekalahan dari Bulgaria.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Inggris Satu Langkah Lagi, Italia Nyaris Buyar

Bayang-bayang kegagalan tahun 2018 menghantui Italia. Tetapi, pelatih Roberto Mancini meminta anak asuhnya untuk tidak panik.

“Kami tidak boleh merasa terlalu cemas, kami harus bermain dengan kebebasan dan berkonsentrasi pada apa yang perlu dilakukan," tutur Mancini, dalam konferensi pers jelang laga kontra Irlandia Utara.

Di sisi lain, Inggris hanya membutuhkan hasil imbang lawan San Marino untuk lolos. 

Sementara persaingan paling sengit bakal terjadi di matchday terakhir Grup G. Belanda, Turki, serta Norwegia masih memiliki peluang lolos otomatis ke Qatar.

Belanda saat ini telah mengumpulkan 20 poin, unggul 2 angka dari Turki dan Norwegia. Belanda harus mengalahkan Norwegia, atau setidaknya meraih hasil imbang.

Apabila hanya meraih tambahan satu poin atas Norwegia dan Turki menang atas Montenegro, Belanda bisa saja lolos. Pasalnya, mereka memiliki selisih gol yang lebih baik (+23) atas Turki (+10).

Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

  • Qatar (tuan rumah)
  • Jerman
  • Denmark
  • Brazil
  • Belgia
  • Prancis
  • Spanyol
  • Kroasia
  • Serbia

 



Sumber : fifa.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x