Kompas TV regional peristiwa

390 Rumah di Musi Banyuasin Terdampak Banjir Setinggi 70 Sentimeter hingga 1 Meter

Kompas.tv - 17 November 2021, 22:50 WIB
390-rumah-di-musi-banyuasin-terdampak-banjir-setinggi-70-sentimeter-hingga-1-meter
Sebanyak 390 rumah di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terendam banjir setinggi 70 hingga 100 sentimeter. (Sumber: BNPB/BPBD Musi Banyuasin)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

PALEMBANG, KOMPAS.TV  - Sebanyak 390 rumah di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terendam banjir setinggi 70 hingga 100 sentimeter.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari melalui rilis tertulis, Rabu (17/11/2021).

Banjir tersebut disebabkan oleh meluapnya Sungai Batang Hari Leko di Kabupaten Musi Banyuasin, pada Selasa (16/11) sore. Adapun permukiman warga yang terdampak adalah Desa Petaling, Kecamatan Lais.

“Merujuk laporan Pusdalops BNPB pada Rabu (17/11) pukul 10.00 WIB, terdapat 390 kepala keluarga dan 390 unit rumah terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) 70 hingga 100 sentimeter,” jelasnya.

Baca Juga: Dituding Sebabkan Banjir, Kafe Berdiri Bertahun-tahun di Kemang Ini Akan Dibongkar

Dia menambahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin terus mengupayakan percepatan penanganan banjir.

BPBD setempat mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) bekerja sama dengan unsur TNI/Polri dan perangkat daerah setempat untuk melakukan evakuasi, memberikan bantuan logistik kepada masyarakat dan perahu untuk menunjang aktifitas masyarakat.

“Selain itu juga melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa terkait untuk penanganan lebih lanjut,” imbuhnya.

Muhari juga menjelaskan, berdasarkan peringatan yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Kamis (18/11/2021).

“Potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hinga sore hari di wilayah Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Muara Enim, Lahat, Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Empat Lawang.”

Sementara itu pada malam hingga dini hari di wilayah Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang dan Penukal Abab Lematang Ilir.

Selanjutnya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Jumat (19/11) malam hingga dini hari di wilayah Muara Enim, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Banyuasin.

“Analisis inaRISK menunjukan Kabupaten Musi Banyuasin memiliki potensi risiko banjir dengan kategori sedang hingga tinggi,” tuturnya.

Baca Juga: Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah Warga di Pangkalpinang

BNPB mengimbau para pemangku kepentingan di daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi La Nina yang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2022.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x