Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ekonomi Menguat, Indonesia Raih Penghargaan Deal Watch Award 2020

Kompas.tv - 18 November 2021, 09:42 WIB
ekonomi-menguat-indonesia-raih-penghargaan-deal-watch-award-2020
Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi mewakili Pemerintah Indonesia, menerima Penghargaan Deal Watch Award, Selasa, 16 November 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

TOKYO, KOMPAS.TV - Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi mewakili Pemerintah Indonesia, menerima Penghargaan Deal Watch Award, Selasa (16/11/2021).

Deal Watch Award adalah penghargaan prestisius yang diberikan kepada pelaku pasar modal yang berpartisipasi pada Samurai Bond Jepang. Pemerintah Indonesia mendapat penghargaan dengan kategori Cross-Border Yen Bond of the Year 2020.

Indonesia diketahui mendapatkan penghargaan dengan kategori yang sama untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Baca Juga: Mencekam! Pria Berkostum Ala Joker Tusuk 17 Penumpang Kereta di Tokyo

Dubes Heri mengapresiasi penghargaan Deal Watch Award yang kedua kalinya diberikan kepada Pemerintah Indonesia sebagai wujud tingginya kepercayaan dan pengakuan dari para investor terhadap menguatnya fundamental dan kinerja perekonomian Indonesia.

“Melalui momentum penghargaan ini kiranya dapat lebih meningkatkan investasi, memperluas basis investor dan memperkuat hubungan perekonomian saling menguntungkan bagi kedua negara. Diharapkan penghargaan ini dapat turut serta meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia Internasional,” ujar Dubes Heri dalam siaran pers yang diterima Kompas TV.

Obligasi Pemerintah Indonesia yang ditawarkan atau dijual pada Samurai Bond 2020 dianggap  layak mendapat penghargaan dengan latar belakang prestasi. Prestasi itu antara lain karena Indonesia merupakan penerbit sovereign pertama di pasar Jepang untuk tahun 2020.

Baca Juga: Korea Utara Uji Coba Rudal, PM Jepang Batalkan Kampanye dan Langsung Balik ke Tokyo

Selain itu, Indonesia merupakan penerbit pertama dari Asia pada masa pandemi Covid-19. Hal ini menunjukkan pengakuan yang tinggi dari para investor terhadap penguatan fundamental ekonomi Indonesia.

Seperti dikutip dari siaran pers KBRI Tokyo, menguatnya perekonomian Indonesia ini didukung reformasi struktural perekonomian melalui pemberlakuan Omnibus Law on Job Creation di tengah kondisi perekonomian global yang melemah akibat dampak pandemi Covid-19.

Hal ini juga ditopang oleh peringkat utang (rating) Indonesia yang diterbitkan oleh Japan Credit Rating (JCR) bertahan baik pada posisi BBB+ dengan stable outlook.



Sumber : KBRI Tokyo

BERITA LAINNYA



Close Ads x