Kompas TV video sinau

Bukan Karena Malu, Ini Alasan Kenapa Babi Selalu Berjalan Menunduk

Kompas.tv - 25 November 2021, 19:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Babi termasuk salah satu mamalia besar di dunia hewan dengan populasi terbanyak di dunia. Hewan dengan berat badan antara 140 dan 300 kg ini punya sejumlah fakta unik.

Salah satunya adalah babi selalu berjalan menunduk. Bukan hanya sekadar tebak-tebakan dengan jawaban lucu, ternyata ada alasan kenapa babi jalannya menunduk.

Babi tidak hanya selalu berjalan menunduk, melainkan tidak bisa mengangkat kepalanya dengan leluasa.

Hal ini karena hewan ini memiliki anatomi tulang belakang yang melengkung ke bawah atau menunduk dan tersambung ke bagian lehernya.

Susunan tulang sendi, dan otot yang menghubungkannya membuat jangkauan leher babi terbatas. Dilansir dari Pet Pig World, hal ini membuatnya tidak bisa melihat ke atas atau mengangkat kepalanya lebih dari 15 derajat.

Anatomi tubuh tersebut juga menyebabkan babi harus berjalan mundur untuk bisa melihat obyek yang tinggi seperti pohon.

Baca Juga: Penampakan Hiu Bermuka Babi Langka, Ditangkap oleh Angkatan Laut Italia

Selain itu, babi adalah omnivora atau hewan pemakan segala, yang semua makanannya ditemukan di tanah seperti akar, serangga, dan juga umbi, sehingga babi perlu menunduk untuk mencari makanannya.

Babi juga tidak perlu khawatir terhadap predator di udara seperti burung elang karena ukuran tubuhnya terlalu besar dan berat sehingga bukan merupakan incaran predator udara.

Ukuran badan yang besar akibat penumpukan lemak dan daging di sekitar leher ini juga membatasi gerak lehernya.

Tidak hanya kesulitan melihat ke atas, babi juga kesulitan untuk menoleh ke belakang. Sebagai gantinya, mereka akan memutar badan untuk melihat ke belakang.

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x