Kompas TV internasional kompas dunia

Covid Eropa Menggila, WHO Peringatkan Ancaman Lonjakan Kematian

Kompas.tv - 24 November 2021, 14:47 WIB
covid-eropa-menggila-who-peringatkan-ancaman-lonjakan-kematian
Seorang pekerja medis yang mengenakan APD berjalan di sebuah rumah sakit COVID-19 di Kommunarka, Moskow, Rusia, Senin, 22 November 2021. Jumlah kematian akibat virus corona diperkirakan meningkat di Eropa pada musim semi mendatang. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

JENEWA, KOMPAS.TV - Kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Wilayah Eropa mengatakan proyeksi mereka menunjukkan, 53 negara yang berada di wilayahnya dapat menghadapi 700.000 kematian lagi hingga musim semi mendatang.

WHO Eropa, yang berbasis di Kopenhagen, Denmark, juga menyatakan adanya bukti penurunan perlindungan yang diberikan vaksin terhadap infeksi dan penyakit ringan. Mereka mengatakan bahwa vaksin booster harus diberikan sebagai prioritas bagi orang-orang yang paling rentan, dengan sistem kekebalan yang lemah. Selain itu, warga yang berusia di atas 60 tahun dan petugas kesehatan juga harus diprioritaskan mendapat vaksin booster.

Baca Juga: Gelombang Protes Pembatasan Pandemi Terus Meluas di Eropa, Termasuk di Republik Ceko

Markas internasional WHO di Jenewa, sebelumnya telah berulang kali menyerukan moratorium penggunaan booster hingga akhir tahun. Mereka mengharapkan vaksin COVID-19 dapat tersedia untuk negara-negara berkembang yang masih kekurangan vaksin.

WHO Eropa meminta orang-orang untuk divaksinasi dan memperhatikan kebersihan, serta menjaga jarak sosial untuk menghentikan penyebaran virus.

“Hari ini, situasi COVID-19 di seluruh Eropa dan Asia Tengah sangat serius. Kami menghadapi musim dingin yang menantang di depan, tetapi kami tidak boleh putus asa, karena kita semua — pemerintah, otoritas kesehatan, individu — dapat mengambil tindakan tegas untuk menstabilkan pandemi,” kata Dr. Kluge, direktur regional WHO Eropa, dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The Associated Press.

Wilayah Eropa, yang membentang jauh ke Asia Tengah, melaporkan bahwa kematian akibat COVID-19 naik menjadi hampir 4.200 per hari pada minggu lalu. Jumlah ini naik dua kali lipat dari tingkat yang tercatat pada akhir September. Kematian kumulatif kini telah mencapai 1,5 juta di wilayah tersebut.

Tiga faktor yang mendorong peningkatan tersebut adalah varian delta yang sangat menular, pelonggaran tindakan pembatasan seperti persyaratan untuk mengenakan masker dan jarak fisik di beberapa tempat, dan sebagian besar populasi Eropa yang tetap tidak bersedia divaksinasi.

Baca Juga: Eropa Diterjang Gelombang Covid-19, Kebijakan Pembatasan Justru Ditentang Demo Besar

"Kita dapat memperkirakan bahwa akan ada tekanan tinggi atau ekstrem di rumah sakit di 25 negara. Juga akan ada stres tingkat tinggi di unit perawatan intensif (ICU) di 49 dari 53 negara, sejak sekarang dan 1 Maret 2022," kata pernyataan WHO Eropa. 

“Kematian yang dilaporkan secara kumulatif diproyeksikan mencapai lebih dari 2,2 juta pada musim semi tahun depan, berdasarkan tren saat ini.”

Wilayah tersebut dapat menghadapi 2 juta kematian kumulatif akibat pandemi pada 1 Maret mendatang.
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.