Kompas TV nasional peristiwa

RI Masuk Kawasan Level 1 Setara China Cs, Luhut: Negara Kita Diapresiasi Mampu Kendalikan Covid-19

Kompas.tv - 25 November 2021, 06:45 WIB
ri-masuk-kawasan-level-1-setara-china-cs-luhut-negara-kita-diapresiasi-mampu-kendalikan-covid-19
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan (Sumber: Dokumentasi Humas Kemenko Marves)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan saat ini Indonesia menjadi negara yang berada di level 1 Covid-19 secara global menyebabkan pemulihan ekonomi berjalan cepat. 

Hal ini, kata Luhut, dikarenakan keberhasilan Indonesia yang secara cepat dapat menurunkan dan mengendalikan kasus Covid-19. 

Pernyataan tersebut diungkapkan Luhut dalam acara Indonesia Economic Oulook 2022 di Jakarta, Rabu (24/11/2021). 

"Perlu diketahui, di kawasan ini level 1 saat ini hanya India, China, Jepang, Indonesia, Thailand, lain itu level 2 dan seterusnya," ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya.

"Jadi negara kita ini negara besar dan telah diapresiasi banyak negara bahwa Indonesia mampu me-manage Covid-19 dengan bagus,” lanjutnya. 

Meski demikian, Luhut tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak lengah dan tetap  menerapkan protokol kesehata (prokes) dengan ketat. Mengingat pandemi Covid-19 belum usai. 

“Kita tidak boleh jumawa dengan posisi ini, karena apa saja bisa terjadi jika kita tidak disiplin. Jadi kata kunci di sini kita harus mematuhi arahan-arahan pemerintah” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah mengambil pendekatan yang sangat hati-hati terutama menghadapi periode liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Belajar dari pengalaman tahun lalu, lonjakan mobilitas pada periode Nataru berdampak pada kenaikan kasus yang kemudian menyebabkan pemulihan ekonomi menjadi mundur.

Baca Juga: Luhut Diminta Tidak Lepas Tangan soal Banyak TKA China di Sektor Tambang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x