Kompas TV nasional kompas pagi

Penyerapan APBD Masih Rendah di Ujung Tahun, Jokowi: Ini Sudah November, Logikanya Enggak Kena!

Kompas.tv - 25 November 2021, 12:30 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo kembali menegur para kepala daerah terkait rendahnya penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Jokowi bahkan meminta kepala derah agar dapat segera merealisasikan APBD yang masih mengendap di bank, yakni senilai Rp 226 triliun.

Hal ini diungkapkan presiden saat membuka Rapat Koordinasi Nasonal dan Anugerah Layanan Investasi di Jakarta pada hari ini, Kamis (25/11).

Kekesalan Jokowi diungkapkan dengan menegur bahwa logika penggunaan APBD yang selama ini diimplementasi belum efektif.

Pemerintah pusat sudah mengalokasikan APBN untuk dana transfer ke daerah senilai Rp 642 triliun, Jokowi menyayangkan dana ini bahkan masih tersisa sepertiganya.

Baca Juga: Nada Jengkel Jokowi ke Pemda yang APBD Nganggur di Bank Rp 226 T: Gede Sekali Ini!

Ia mempertanyakan mengapa para kepala daerah masih belum berani menggunakan APBD secara maksimal, padahal sudah masuk ke dua bulan terakhir 2021.

“Ini uang kita sendiri belum dipakai, sudah kejar-kejar orang lain untuk masukkan dana. Logikanya enggak kena! Harusnya habiskan dulu anggaran kita, baru cari dana dan investasi dari luar,” ucap Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.